Profil Kami

Galeri Buku | Artikel | Renungan | Diskusi  | MSA | PT Maya | SaksiBagiKristusCD e-book |English Corner

HUT YABINA MINISTRY 29


YABINA ministry
telah melayani selama 29 tahun sejak berdiri pada tanggal 1 Oktober 1982 setelah sebelumnya dirintis dalam bentuk ‘Kursus Alkitab dan Teologi Tertulis’ (KATT) dengan nama ‘Teologi Untuk Awam’ sejak tahun 1979.

HUT YABINA ministry yang ke 29 diperingati dengan makan siang bersama pengurus inti di Jakarta pada tanggal 2 Oktober 2011 sesuai foto disamping. HUT YABINA ministry juga mengenang HUT ketua yang ke 70 dan pelayanannya selama 48 tahun sejak Tuhan memanggil menjadi hambanya pertama kali.


>>enam pelayan Inti
(Lucy, Hanna, Esther, Herlianto, Elyakim, Daniel L.N.) yang melayani dengan setia sejak awal pembentukan YABINA ministry ditahun 1982.


Disamping itu YABINA ministry ditunjang dengan 3 pelayan penunjang (Supporting Staff) generasi kedua yaitu Aldo (Seattle, USA), Victor (Jakarta), dan Imelda (Cikarang). Demikian juga para Sahabat Awam yang mendukung pelayanan YABINA ministry dengan setia (banyak yang mendukung sejak berdiri sampai sekarang) sehingga Yabina menjadi berkat bagi banyak orang berbahasa Indonesia di seluruh dunia.

            Marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang memperkenankan YABINA ministry melayani dengan setia selama 29 tahun dalam bentuk Kursus Alkitab dan Teologi Tertulis, Penulisan dan Penerbitan Buku, Penerbitan Makalah Sahabat Awam, Seri Buku Saku Yabina, CD eBook, dan pelayanan internet (setiap artikel dibaca dan menjadi berkat bagi lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia setiap diedarkan melalui 25 milis).

Kami adalah badan Keagamaan dan Kemasyarakatan yang bersifat nirlaba, yang menyediakan layanan untuk membantu kerinduan kaum Awam dan profesional Kristen, dalam menyiapkan diri untuk terjun dalam pelayanan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Juga layanan diberikan kepada umum yang membutuhkan informasi mengenai pokok-pokok iman Kristen.


Sejarah Pendirian...
 

1980
Kegiatan pelayanan untuk kaum Awam dilaksanakan sejak tahun 1980 dengan nama TEOLOGI UNTUK AWAM (TUA) berupa "Kursus Alkitab dan Teologi" (KAT)" untuk membantu pelayanan kaum awam Kristen. Gagasan pelayanan TUA timbul karena melihat kerinduan kaum Awam dalam mempelajari Alkitab dan Teologi tetapi tidak dapat mengikuti pendidikan formalnya.

1 Oktober 1982
Pelayanan meluas dan atas saran Pembimbing Masyarakat Kristen (Protestan) Kanwil Departemen Agama Jabar, TUA ditingkatkan pengelolaannya berbentuk YAYASAN BINA AWAM (YBA) pada tanggal 1 Oktober 1982, Dan didaftarkan pada Ditjen Bimas Kristen (Protestan) Departemen Agama R.I. dengan nomor Y/D/046/82.

Meluasnya pelayanan KAT menghasilkan undangan-undangan untuk ceramah/seminar di banyak tempat, dengan adanya permintaan agar YBA mengadakan seminar maka di Bandung diselenggarakan Seminar Alkitab dan Teologi untuk membahas lebih dalam bahan-bahan KAT.

1987-1995
KAT kemudian dilengkapi dengan Majalah Sahabat Awam pada tahun 1987 yang kemudian ditingkatkan menjadi "Makalah Sahabat Awam" (MSA) yang membahas topik-topik kontemporer. Di tahun 1991 mulai dirintis Pelayanan Kasih dan di tahun 1995 pelayanan diperluas dengan pelayanan Audio Visual, dan penerbitan buku melalui YABINA.

1998
Tahun 1998 pelayanan YBA memasuki era internet dengan membuka pelayanan penggembalaan melalui internet, dan Pembinaan SDM melalui seminar-seminar pelatihan keterampilan profesional. Pada tahun 2001dibuka Pendidikan Teologi Elektronik yang dapat diikuti mereka yang mendaftarkan diri.

2002
Pada bulan Agustus 2002 dengan adanya peraturan tentang Yayasan yang baru, YBA berganti nama menjadi perkumpulan YABINA yang bergerak dalam pelayanan (Ministry) Spiritual dan Sosial Kemasyarakatan. YABINA Ministry melayani dengan landasan "Alkitab adalah firman Allah yang menjadi dasar Pengajaran dan Tingkah Laku Umat Kristiani". dan yang perlu dihayati seutuhnya baik secara vertikal maupun horisontal.

2006
Sebagai penerus Makalah Sahabat Awam (MSA), sejak tahun 2006 bekerjasama dengan penerbit Mitra Pustaka, diterbitkan Seri Buku Saku Yabina (SBSY) dengan tebal sekitar 70 halaman, tiga bulan sekali, membahas topik-topik secara alkitabiah, kritis, apologetis, aktual, dan populer. Topik-topik adalah topik-topik undangan yang banyak diceramahkan.


 

2007
Pada tahun 2007, YABINA Ministry bekerja sama dengan R&D Cyber Training menyelenggarakan Program Pembinaan untukmelengkapi para pendeta, penginjil dan aktivis gereja,agar mampu membaca secara efektif, menulis secara kreatif dan melakukan penelitian gerejawi.
Bahan-bahan R&D Cyber Training sudah bisa didapat dalam bentuk CD.

2008
Pada tahun
ini, pelayanan melalui internet dan penerbitan buku-buku baru ditingkatkan. Tidak kurang 2 buku dan 4 seri Buku Saku YABINA diterbitkan, juga CD Pustaka klasik.

2009
Pada tahun
yang baru ini dikembangkan 'Pendidikan Teologi Maya' versi baru dan 'Pustaka e-Book' dalam bentuk CD.

2010
Tahun ini ditandai dengan masa transisi dari penekanan pada Pelayanan Mimbar (kotbah & cermah) ke Pelayanan Meja (maksudnya Meja Komputer) dengan meningkatkan jangkauan pelayanan melalui internet dan produksi e-Book Yabina dalam CD dan penulisan buku.

2011
Yabina ministry memasuki tahap lanjutan, yaitu PROGRAM PELAYANAN DIGITAL.



Pengurus


Core Team: Herlianto, Elyakim, Daniel, Esther, Hanna, Lucy
Supporting Team: Aldo, Victor, Imelda
Dan Para Sahabat Awam

 


Pembiayaan Pelayanan
 

  • Pembiayaan pelayanan berasal dari partisipasi Pengurus, para Sahabat Awam, dan partisipasi Peserta.
    Pelayanan
    YABINA berasal dari dan untuk para Awam sendiri.
    e-mail : sekretariat@yabina.org





    Partisipasi


    dikirimkan melalui Yabina:


    Bank BCA,
    a.n YABINA a.c. 282-3001631
     

YABINA ministry bersama para Sahabat Awam melayani kaum Awam dimana-mana berdasarkan ayat firman dan mengucap syukur atas pemeliharaan Tuhan selama ini:

 “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik” (Roma 10:15b)
.

Saudara/i, doakanlah pelayanan kami (1 Tesalonika 5:25).



[ kembali ke atas | halaman utama ]