Info Bulan ini

(1982 - 2010)

Galeri Buku | Artikel | Renungan | Diskusi  | MSA | PT Maya | SaksiBagiKristus | English Corner


 


30 TAHUN PELAYANAN YABINA

Sejak memasuki era internet pada tahun 1998,  YABINA telah mengembangkan diri dengan berbagai macam Pelayanan dan Penggembalaan versi internet.
Situs YABINA www.yabina.org telah menjadi berkat bagi banyak orang di seluruh dunia.

Milis Umum YABINA membuka milis umum:

mimbar-maya@yabina.org
 yang mengirimkan renungan, artikel & diskusi mingguan secara berkala, dan
teologi-maya@yabina.org yang mengirimkan bahan-bahan Pendidikan Teologi-maya.



Mimbar-maya mailing list | Mimbar-maya@yabina.org | http://yabina.org/mailman/listinfo/mimbar-maya_yabina.org
 

 

FEBRUARI + jANUARI 2013

Bulan Januari 2013 ditandai dengan gambaran suram mengenai kondisi ibukota Jakarta dimana banjir besar melanda sebagian besar kota, dari yang setinggi lutut sampai setinggi rumah tidak bertingkat. Gambar ilustrasi disamping ini menggambarkan sesuatu yang tragis, banjir sampai melanda pusat kota dari istana presiden sampai bundaran depan Hotel Indonesia dimana tetap berdiri ‘Patung Selamat Datang’ dengan megahnya.

Inkonsistensi yang digambarkan dalam ilustrasi ini yaitu dibalik derita nestapa akibat banjir tahunan dan terutama lima tahunan itu menunjukkan bahwa ibukota Jakarta tidak lagi bisa digambarkan oleh patung itu yang menggambarkan harapan dan optimisme bagi para pendatang yang masuk ke ibukota. Dari gambaran diatas kita dapat merenungkan kondisi kehidupan manusia dalam menghadapi tahun 2013 yang kita masuki.

            Demikianlah, dunia dengan segala materialisme, sekularisme, hedonisme, dan sikap permisivenya maupun daya tarik dan jerat-jerat lainnya seakan-akan selalu mengajak dan menyerukan ‘Selamat Datang.’ Ibarat banjir yang melanda kota Jakarta demikian juga daya tarik duniawi tidak membawa ke jalan sempit melainkan ke jalan lebar menuju kebinasaan. Dibalik semua itu firman Tuhan selalu mengajak kita ‘bertobatlah, karena kerajaan Allah sudah dekat.’ Sekalipun dengung suara demikian seakan-akan suara dipadang belantara, namun ajakan itu terus ditawarkan kepada umat manusia seperti yang juga diteruskan oleh YABINA ministry melalui program-programnya!

Pendidikan Teologi-maya

PT-maya 2013/1 telah diikuti banyak orang. Namun sampai akhir bulan Januari masih terus berdatangan pendaftar baru! Berhubung sudah berjalan jauh, maka pendaftaran ditutup dan angkatan PT-maya 2013/2, akan dimulai kembali tanggal 1 April 2013. Pendaftaran sudah bisa dimulai sekarang dan dialamatkan ke sekretariat@yabina.org.

R&D Cyber Training

R&D Cyber Training juga sudah berjalan sepertiganya, namun masih saja ada pendaftar sampai akhir Januari 2013. Mereka yang ingin mengikuti pendidikan on-line ini untuk angkatan 2013/2 bisa mendaftar mulai hari ini. Bahan-bahan angkatan 2013/2 dikirimkan pada bulan April 2013!

Makalah Teologi Maya

            Makalah Teologi Maya yang baru dirilis nomor perdananya telah membangkitkan minat gereja-gereja, para pendeta maupun aktivis kristen baik di Indonesia maupun mancanegara. Tema bulan Februari 2013 melanjutkan nomor perdana, yaitu: ‘Jalan Keselamatan dalam Agama-Agama’ dengan topik ‘Agama Yahudi, Islam, Kristen, dan Yesus ditengah-tengah Pluralisme! Mereka yang ingin menerimanya dapat mendaftarkan diri ke sekretariat@yabina.org setiap saat!
 

“Saudara-saudara, doakanlah kami!” (1 Tesalonika 5:25)
“Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!” (Roma 10:15b)


Salam kasih dari YABINA ministry www.yabina.org.



Selamat Tahun Baru 2013!

Tahun Baru 2013 sudah kita masuki setelah kita meninggalkan kesibukan perayaan Natal, maka sebagaimana tema Natal dimana kita memperingati Yesus yang dilahirkan menjadi manusia baru, marilah kita memulai kehidupan yang baru terutama baru dalam hal iman, kasih, pengharapan, dan tak lupa memperbaharui pelayanan. YABINA ministry akan tetap hardir memasuki tahun pelayanannya yang ke-31 untuk memperlengkapi para
hamba Tuhan, aktivis gereja, maupun jemaat, dengan bahan-bahan bacaan yang
Alkitabiah, kritis, apologetis, aktual, dan populer.
 

Pendidikan Teologi-maya 2013/1

PT-maya 2012 (Angkatan 1 s/d 4) telah diikuti banyak orang. Berhubung masih terus berdatangan permohonan baru untuk mengikuti PT-maya, maka dimulai tanggal 1 Januari 2013 diselenggarakan PT-maya 2013/1 yaitu dikirimkan setiap hari dalam format pdf. Kurikulum Baru yang diberikan dalam 7 kelompok dengan jumlah bahan sebanyak 70 buah dan berakhir sekitar 3 bulan dimulai bulan Januari 2013.

R&D Cyber Training

R&D Cyber Training sejak tahun 2007 menghadirkan kompilasi makalah seminar dan menjadikannya sebagai bahan pelatihan internet. Seminar tatap-muka dengan bahan yang sama telah dipimpin di kota-kota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, dan Medan, diikuti ratusan peserta dari lingkungan akademik dan profesional, dan juga menghadirkan bahan seminar profesional di kalangan gereja untuk mengembangkan ketrampilan para pendeta, penginjil, dan aktivis gereja. R&D Cyber Training ini diberikan dalam 20 modul dan dikirimkan via e-mail seminggu dua kali dan berakhir sekitar 3 bulan dan dimulai tanggal pada bulan Januari 2013.

Majalah Teologia-maya

Sejarah pembinaan Alkitab dan Teologi untuk kaum awam dari YABINA ministry dimulai sejak berdiri tahun 1982. Diawali dengan membuka Kursus Alkitab Tertulis (KAT, 1980) dan setelah terbentuk Yayasan dilanjutkan menjadi Kursus Alkitab dan Teologi Tertulis (KATT) kemudian dikembangkan dengan Tatap Muka, pembinaan berlanjut terus dengan diterbitkannya Makalah Sahabat Awam (MSA).

Memasuki era internet, YABINA ministry membuka situs
www.yabina.org dan dua milis Mimbar-maya@yabina.org dan SaksibagiKristus@yabina.org yang mengirimkan InFO, Artikel, Renungan dan Diskusi mingguan kepada anggota, dan juga Pendidikan Teologi-maya (PT-maya) melalui milis Teologi-maya@yabina.org. Bahan-bahan pembinaan bersifat Alkitabiah, kritis, apologetis, aktual, dan populer, bahan-bahan dimaksudkan untuk studi pribadi/kelompok, dan menurut statistik yang dibuat oleh arandomserver tercatat bahwa situs YABINA sudah dibuka ratusan ribu kali dan dibaca di sekitar 50 negara.

Diperkaya dengan pengalaman penerbitan Seri Buku Saku Yabina (SBSY) dan penulisan 37 Buku, memasuki tahun 2013, YABINA ministry akan menerbitkan Majalah Teologia-maya  yang bersifat tematis, dan diterbitkan sebulan sekali dalam format Pdf. dimulai pada bulan Januari 2013.

Mereka yang ingin mengikuti Pendidikan Teologi-maya, R&D Cyber Training, dan/atau menerima Majalah Teologia-maya 2013 dapat memintanya via email ke sekretariat@yabina.org.

Undangan Pelayanan Mimbar

Beberapa Undangan Pelayanan Seminar dan Mimbar di tahun 2013 sudah mulai diterima YABINA ministry termasuk pelayanan padat 3 hari seminar dan tiga kali kotbah minggu di kota Samarinda yang saat ini sedang digumuli karena pelayanan ini cukup jauh harus melalui Balikpapan dengan pesawat yang terbatas ke Samarinda. Di saat muda, sebagai penginjil dan konsultan ketua YABINA ministry beberapa kali melayani di kota ini namun marilah kita doakan agar kendala usia tidak menjadi penghalang pelayanan padat tersebut, melainkan bila dikehendaki Tuhan kita akan dikuatkan
 

 

 

!nfo Desember 2012

Tidak terasa kita memasuki bulan Desember, bulan dimana umat kristen merayakan hari Natal, hari dimana kita mengenang kelahiran ‘The Greatest Story Ever Told’. Bukan saja disebut the greatest, tapi juga ‘the Everlasting Story’, karena itulah YABINA ministry terus melayani berita terbesar dan kekal itu. Memasuki tahun 2013, selain dua program yang masih terus dicari peminat, diterbitkan program baru ‘Majalah Teologia-maya.’

Pendidikan Teologi-maya 2013/1

PT-maya 2012 (Angkatan 1 s/d 4) telah diikuti banyak orang. Berhubung masih banyak peminatnya, maka dimulai tanggal 1 Januari 2013 akan diselenggarakan PT-maya 2013/1 yaitu dikirimkan setiap hari dalam format pdf. Kurikulum Baru yang diberikan dikembangkan menjadi 7 kelompok dengan jumlah bahan sebanyak 70 buah dan berakhir sekitar 3 bulan. Isi pengajaran PT-maya bersifat Alkitabiah, kritis, apologetis, aktual, dan populer. Bahan-bahan dimaksudkan untuk studi pribadi/kelompok dan telah diikuti ribuan peserta di banyak negara.

Mereka yang ingin mengikuti Pendidikan Teologi-maya 2013/1 dapat memintanya via e-mail ke sekretariat@yabina.org sebelum 1 Januari 2013.

R&D Cyber Training

R&D (Research & Development) Cyber Training adalah salah satu bentuk kursus/pelatihan terdiri 20 modul bahan seminar pelatihan yang ringkas, praktis dan mudah dipelajari secara mandiri, yang akan menjadikan seorang pendeta, penginjil, dan aktivis gereja menjadi pembaca, penulis, dan peneliti yang lebih baik. R&D Cyber Training ini membimbing kita dalam membaca cepat; mengetahui prinsip-prinsip menulis artikel, makalah & buku; melakukan penelitian/survai, menyusun usulan proyek, menyiapkan pelatihan keahlian/ketrampilan, dan menyelenggarakan Seminar Profesional.

R&D Cyber Training menghadirkan bahan seminar melalui internet diselenggarakan oleh Yabina ministry. R&D Cyber Training sejak tahun 2007 menghadirkan kompilasi makalah seminar dan menjadikannya sebagai bahan pelatihan internet. Seminar tatap-muka dengan bahan yang sama telah dipimpin di kota-kota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, dan Medan, diikuti ratusan peserta dari lingkungan akademik dan profesional. R&D Cyber Training menghadirkan bahan seminar profesional juga di kalangan gereja untuk mengembangkan ketrampilan para pendeta, penginjil, dan aktivis gereja.

R&D Cyber Training ini diberikan dalam 20 modul dengan tema-tema seperti diatas dan dikirimkan via e-mail seminggu dua kali dan berakhir sekitar 3 bulan dan dimulai tanggal 1 Januari 2013. Mereka yang ingin mengikuti program ini dapat memintanya via e-mail ke sekretariat@yabina.org sebelum 1 Januari 2013.

Majalah Teologia-maya

            Sejarah pembinaan Alkitab dan Teologi untuk kaum awam dari YABINA ministry dimulai sejak berdiri tahun 1982. Diawali dengan membuka Kursus Alkitab Tertulis (KAT, 1980) dan setelah terbentuk Yayasan dilanjutkan menjadi Kursus Alkitab dan Teologi Tertulis (KATT) kemudian dikembangkan dengan Tatap Muka, pembinaan berlanjut terus dengan diterbitkannya Makalah Sahabat Awam (MSA).

Memasuki era internet, YABINA ministry membuka situs www.yabina.org dan dua milis Mimbar-maya@yabina.org dan SaksibagiKristus@yabina.org yang mengirimkan InFO, Artikel, Renungan dan Diskusi mingguan kepada anggota, dan juga Pendidikan Teologi-maya (PT-maya) melalui milis Teologi-maya@yabina.org. Bahan-bahan pembinaan bersifat Alkitabiah, kritis, apologetis, aktual, dan populer, bahan-bahan dimaksudkan untuk studi pribadi/kelompok, dan menurut statistik yang dibuat oleh arandomserver tercatat bahwa situs YABINA sudah dibuka ratusan ribu kali dan dibaca di sekitar 50 negara.

Diperkaya dengan pengalaman penerbitan Seri Buku Saku Yabina (SBSY) dan penulisan 37 Buku, memasuki tahun 2013, YABINA ministry akan menerbitkan Majalah Teologia-maya  yang berisi gabungan InFO, Renungan, Artikel, Diskusi, Pendidikan Teologi dan lainnya, dan diterbitkan sebulan sekali dalam format Pdf. dimulai Januari 2013.

Majalah Teologia-maya 2013 dikirimkan kepada Sahabat Awam yang mendukung pelayanan YABINA ministry dan mereka yang baru yang mendaftar untuk berlangganan. Mereka yang ingin menerima Majalah Teologia-maya 2013 dapat memintanya via email ke sekretariat@yabina.org.

 

 

NOPEMBER 2012
 

Bulan Nopember baru kita masuki, dan tidak terasa pelayanan YABINA ministry sudah mencapai umur 30 tahun lebih sebulan sejak berdiri sebagai Yayasan.

Ultah YABINA ministry yang ke-30

Pada 1 Oktober 1982 di Bandung, beberapa jemaat awam yang rindu untuk melayani Tuhan berkumpul untuk mendukung pelayanan Teologi Untuk Awam (TUA), Kursus Alkitab Tertulis yang sudah berjalan sejak tahun 1980. Tujuan pertemuan adalah membentuk Yayasan yang mengayomi pelayanan TUA yang kemudian dinamakan Yayasan Bina Awam / YABINA ministry.
Pada tanggal 1 Oktober 2012, 30 tahun telah berlalu kita menyaksikan pelayanan YABINA ministry yang sudah menyebar luas dan mengakar di banyak kalangan dan dibaca di 50 negara.
 

Kursus Alkitab dan Teologia Tertulis

            Pada awalnya Kursus Alkitab Tertulis diberitakan melalui iklan di surat kabar dan bahan-bahannya di stensil, kemudian dengan makin banyaknya peserta bahan dicetak offset. Setelah 4 tahap kursus (40 pelajaran) diselesaikan maka diadakan Kursus Alkitab Tatap Muka berupa seminar KAT di Bandung. Dengan banyaknya lulusan Kursus Alkitab maka diterbitkan Makalah Sahabat Awam sebagai bahan studi lanjut. Setelah MSA terbit 84 nomor (28 hlm), diterbitkan Seri Buku Saku Yabina (12 seri, 60 hlm)) yang dilengkapi dengan diterbitkannya CD e-Book sebanyak 15 judul. Selain itu YABINA ministry menerbitkan 37 buku, baik yang diterbitkan sendiri maupun bekerjasama dengan penerbit lain (BPK-GM, Kalam Hidup, Andi, Mitra Pustaka, Alumni, dll).

Pelayanan Dunia-maya

            Memasuki era-internet pada akhir dasawarsa 90-an, YABINA ministry membuka situs www.yabina.org yang sudah dibuka pembaca ratusan ribu kali, dan dilengkapi dengan 2 milis Mimbar-maya@yabina.org dan SaksibagiKristus@yabina.org yang mengirimkan artikel berkala dan diikuti sekitar 2.000 member, dan selain itu artikel-artikel juga dikirimkan ke sekitar 25 milis lain. Kursus Alkitab dan Teologi Tertulis yang ditingkatkan menjadi 75 bahan pelajaran yang semula dicetak kemudian dikembangkan secara online dengan nama Pendidikan Teologia-maya (PT-maya, Teologi-maya@yabina.org) dan secara keseluruhan sudah diikuti sekitar 4.000 peserta.

Pelayanan Kasih

            Selain pelayanan firman dalam bentuk cetak dan online, YABINA ministry juga melayani Pelayanan Kasih dan juga menyalurkan banyak dana untuk bantuan kepada korban bencana banjir, pembangunan masyarakat, dan diakonia termasuk pembinaan Pelayanan Perkotaan di gereja-gereja, sekolah/universitas dan rumah sakit kristen di belasan kota besar di Indonesia dan manca-negara bekerjasama dengan gereja maupun yayasan kristen. Beberapa komputer, LCD projector, dan buku-buku dibagikan kepada sekolah teologia dan perorangan, dan satu set Ensiklopedi Nasional Indonesia dipersembahkan kepada Pusat Pendidikan Opsir Bala Keselamatan.

Pelayanan Kotbah & Ceramah

            Ribuan pelayanan kotbah dan ceramah dengan audio visual di Indonesia dan mancanegara, maupun mengajar di beberapa sekolah teologia dilayani dalam kurun waktu 30 tahun termasuk pembinaan R&D Cyber Training untuk melengkapi para hamba Tuhan dan aktivis gereja dalam membaca cepat, trampil menulis, mampu meneliti, dan menyusun laporan penelitian.

YABINA ministry tidak memiliki gedung, atau mobil selain peralatan komputer, audio visual, dan buku-buku, namun pelayanannya sudah menjadi berkat bagi banyak orang, banyak yang meneruskan pelayanan YABINA ministry ke dalam pelayanan gereja maupun yayasan melalui milis mereka, dan banyak mahasiswa menggunakan bahan-bahan YABINA ministry untuk menyusun thesis mereka termasuk mahasiswa IAIN. Ada yang mengusulkan agar YABINA ministry mendirikan gereja, namun YABINA tidak tergoda melainkan tetap mendukung pelayanan gereja-gereja yang ada. Sekalipun tidak ada bantuan sponsor luar-negeri atau pengumpulan dana melalui iklan, sejauh ini pelayanan YABINA ministry diberkati Tuhan melalui dukungan para anggota Yayasan, Sahabat Awam, dan peserta program pelayanan YABINA ministry sesuai motto ‘Dari Awam untuk Awam.’

Mereka yang memperoleh berkat dari pelayanan YABINA ministry dan ingin mendukung pelayanan YABINA dapat mengirimkan persembahan ke YABINA, BCA ac no 282 300 1631.

Pertemuan Ultah YABINA ministry ke-30

Dalam rangka Ultah YABINA ministry ke-30, di Bandung telah diadakan pertemuan Yayasan pada tanggal 11 Oktober 2012. Pertemuan membahas pelayanan dan pertanggungan jawab keuangan selama tahun 2011/12, tradisi yang tetap dipertahankan sejak YABINA ministry berdiri untuk tetap menjaga akuntabilitas dan kepercayaan para Sahabat Awam.

Pelayanan Mimbar di Bulan Nopember

Sekalipun kondisi kesehatan ketua YABINA ministry belum sepenuhnya pulih, dan sekalipun sudah banyak undangan pelayanan terutama dari luar kota dibatalkan/ditolak dalam setahun terakhir ini, Tuhan masih memberi tugas pelayanan kotbah 4 kali di GKY Citra Garden pada tanggal 11 Nopember 2012 dengan tema khusus ‘New Age Movement.’

 

 

 

INFO OKTOBER


Bulan Oktober baru kita masuki, dan tidak terasa pelayanan YABINA ministry sudah mencapai umur 30 tahun sejak berdiri sebagai Yayasan.



Ultah YABINA ministry yang ke-30

Pada 1 Oktober 1982 di Bandung, beberapa jemaat awam yang rindu untuk melayani Tuhan berkumpul untuk mendukung pelayanan Teologi Untuk Awam (TUA), Kursus Alkitab Tertulis yang sudah berjalan sejak tahun 1980. Tujuan pertemuan adalah membentuk Yayasan yang mengayomi pelayanan TUA yang kemudian dinamakan Yayasan Bina Awam / YABINA ministry.
Pada tanggal 1 Oktober 2012, 30 tahun telah berlalu kita menyaksikan pelayanan YABINA ministry yang sudah menyebar luas dan mengakar di banyak kalangan dan dibaca di 50 negara.
            Pada awalnya Kursus Alkitab Tertulis diberitakan melalui iklan di surat kabar dan bahan-bahannya di stensil, kemudian dengan makin banyaknya peserta bahan dicetak offset. Setelah 4 tahap kursus (40 pelajaran) diselesaikan maka diadakan Kursus Alkitab Tatap Muka berupa seminar KAT di Bandung. Dengan banyaknya lulusan Kursus Alkitab maka diterbitkan Makalah Sahabat Awam sebagai bahan studi lanjut. Setelah MSA terbit 84 nomor (28 hlm), diterbitkan Seri Buku Saku Yabina (12 seri, 60 hlm)) yang dilengkapi dengan diterbitkannya CD e-Book sebanyak 15 judul. Selain itu YABINA ministry menerbitkan 37 buku, baik yang diterbitkan sendiri maupun bekerjasama dengan penerbit lain (BPK-GM, Kalam Hidup, Andi, Mitra Pustaka, Alumni, dll).

            Memasuki era-internet pada akhir dasawarsa 90-an, YABINA ministry membuka situs www.yabina.org yang sudah dibuka pembaca ratusan ribu kali, dan dilengkapi dengan 2 milis Mimbar-maya@yabina.org dan SaksibagiKristus@yabina.org yang mengirimkan artikel berkala dan diikuti sekitar 2.000 member, dan selain itu artikel-artikel juga dikirimkan ke sekitar 25 milis lain. Kursus Alkitab dan Teologi Tertulis yang ditingkatkan menjadi 75 bahan pelajaran yang semula dicetak kemudian dikembangkan secara online dengan nama Pendidikan Teologia-maya (PT-maya, Teologi-maya@yabina.org) dan secara keseluruhan sudah diikuti sekitar 4.000 peserta.

            Selain pelayanan firman dalam bentuk cetak dan online, YABINA ministry juga melayani Pelayanan Kasih dan juga menyalurkan banyak dana untuk bantuan kepada korban bencana banjir, pembangunan masyarakat, dan diakonia termasuk pembinaan Pelayanan Perkotaan di gereja-gereja, sekolah/universitas dan rumah sakit kristen di belasan kota besar di Indonesia dan manca-negara bekerjasama dengan gereja maupun yayasan kristen. Beberapa komputer, LCD projector, dan buku-buku dibagikan kepada sekolah teologia dan perorangan, dan satu set Ensiklopedi Nasional Indonesia dipersembahkan kepada Pusat Pendidikan Opsir Bala Keselamatan.

            Ribuan pelayanan kotbah dan ceramah dengan audio visual di Indonesia dan mancanegara, maupun mengajar di beberapa sekolah teologia dilayani dalam kurun waktu 30 tahun termasuk pembinaan R&D Cyber Training untuk melengkapi para hamba Tuhan dan aktivis gereja dalam membaca cepat, trampil menulis, mampu meneliti, dan menyusun laporan penelitian.

YABINA ministry tidak memiliki gedung, atau mobil selain peralatan komputer, audio visual, dan buku-buku, namun pelayanannya sudah menjadi berkat bagi banyak orang, banyak yang meneruskan pelayanan YABINA ministry ke dalam pelayanan gereja maupun yayasan melalui milis mereka, dan banyak mahasiswa menggunakan bahan-bahan YABINA ministry untuk menyusun thesis mereka termasuk mahasiswa IAIN. Ada yang mengusulkan agar YABINA ministry mendirikan gereja, namun YABINA tidak tergoda melainkan tetap mendukung pelayanan gereja-gereja yang ada. Sekalipun tidak ada bantuan sponsor luar-negeri atau pengumpulan dana melalui iklan, sejauh ini pelayanan YABINA ministry diberkati Tuhan melalui dukungan para anggota Yayasan, Sahabat Awam, dan peserta program pelayanan YABINA ministry sesuai motto ‘Dari Awam untuk Awam.’

Mereka yang memperoleh berkat dari pelayanan YABINA ministry dan ingin mendukung pelayanan YABINA dapat mengirimkan persembahan ke YABINA, BCA ac no 282 300 1631.


Pelayanan ke Papua


Selain pelayanan melalui YABINA ministry, para anggota Yayasan juga membantu pelayanan di gereja masing-masing dimana mereka bergabung yaitu gereja GKI, GMI, dan GRII.
Daniel L.N. pengurus yayasan YABINA ministry dalam kapasitasnya sebagai Majelis Jemaat di GRII Bintaro, Jakarta, pada tanggal 23 September s/d 06 Oktober melayani di Pulau Biak – Numfor, Papua sebagai pemimpin rombongan tim STEMI. Tim akan melayani KKR di gereja dan sekolah-sekolah dan juga melakukan pembinaan pada pendeta, guru-guru, maupun aktivis gereja. Marilah kita mendoakan agar perjalanan misi ini berjalan dengan pimpinan Tuhan Yesus sendiri dan agar mencapai tujuan yang direncanakan.

 

Info September

Bulan September baru kita masuki, dan tidak terasa sebulan lagi pelayanan YABINA ministry sudah mencapai 30 tahun (didirikan tanggal 1 Oktober 1982). Menyambut tahun pelayanan ke-31 ada dua program yang akan dilaksanakan, yaitu:
 

R&D Cyber Training untuk Hamba Tuhan

R&D Cyber Training menghadirkan bahan seminar melalui internet diselenggarakan oleh Yabina ministry. R&D Cyber Training sejak tahun 2007 menghadirkan kompilasi makalah seminar dan menjadikannya sebagai bahan pelatihan internet. Seminar tatap-muka dengan bahan yang sama telah dipimpin di kota-kota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, dan Medan, diikuti ratusan peserta dari lingkungan akademik dan profesional. R&D Cyber Training menghadirkan bahan seminar profesional juga di kalangan gereja untuk mengembangkan ketrampilan para pendeta, penginjil, dan aktivis gereja.

R&D Cyber Training ini diberikan dalam 20 modul dengan tema-tema seperti diatas dan dikirimkan via e-mail seminggu tiga kali dan berakhir sekitar 2 bulan dan dimulai tanggal 1 Oktober 2012. Mereka yang ingin mengikuti program ini dapat mengirim surat ke sekretariat@yabina.org sebelum tanggal 1 Oktober 2012.

Pendidikan Teologi–maya 2012/4 Intensif

PT-maya 2012/3 Intensif kembali diikuti banyak orang dan akan berakhir pada bulan September 2012. Masih banyaknya peserta baru yang mendaftar untuk mengikuti PT-maya 2012/3 Intensif menunjukkan bahwa banyak juga yang rindu untuk mempelajari bahan-bahan pelajaran sekali pun dikirimkan setiap hari selama 2 bulan lamanya. Puji Tuhan!
Berhubung sampai hari ini masih ada saja yang berminat mendaftar untuk mengikuti PT-maya 2012, maka dimulai tanggal 1 Oktober 2012, akan dibuka PT-maya 2012/4 Intensif. Mereka yang berminat menjadi peserta dapat mengirimkan surat ke sekretariat@yabina.org sebelum tanggal 1 Oktober 2012.

 

 

InFO Agustus

 

Bulan Agustus baru kita masuki, dan peristiwa nasional disekeliling kita yang dirayakan bulan ini adalah Hari Raya Idul Fitri, hari raya yang dirayakan oleh umat muslim setelah selama sebulan memasuki bulan Ramadhan yang diisi dengan ritual puasa. Umat Kristen tidak menjalankan puasa lahiriah melainkan puasa batiniah, namun sekalipun demikian, sebagai umat beragama kita patut menghargai mereka yang berpuasa dan merayakan hari raya dengan cara tidak makan secara mencolok dihadapan mereka yang berpuasa.

Cetak Ulang Buku Teologi Sukses

Pada
bulan Juli 2012, telah terbit buku ‘Teologi Sukses, Antara Allah dan Mamon.’  Buku ini cukup fenomental, karena setelah 20 tahun lamanya masih dicari orang sehingga dicetak berulang kali!

            Buku Teologi Sukses ditulis dan diterbitkan oleh penerbit BPK-Gunung Mulya pada tahun 1992, dan setelah dicetak ulang untuk keempat kalinya, buku ini dicetak ulang untuk kelima kalinya dalam ‘Edisi Revisi’ (xiii + 267 hlm.) pada tahun 2005. Dan setelah dicetak ulang untuk keenam kalinya kemudian pada tahun 2012 karena sudah habis dan permintaan masih banyak maka oleh penerbitnya dicetak untuk ketujuh kalinya pada tahun 2012, 20 tahun setelah diterbitkan pertama kalinya! Istilah ‘Teologi Sukses’ kemudian dijadikan istilah baku dalam banyak tulisan untuk menyebut ajaran yang memberitakan ‘Injil Kemakmuran’ (Prosperity Gospel).

            Buku ini juga kontroversial, sebab buku ini sekalipun mendapat apresiasi dari banyak kalangan, buku ini juga dicaci-maki oleh kalangan yang mempraktekkan ibadat sukses yang dikritik buku ini, bahkan ada gereja besar di Surabaya yang pendetanya pernah menunjukkan buku ini di atas mimbar dengan himbauan kepada jemaat agar membakarnya karena isinya dianggap ‘sesat.’ Memang lalang diladang akan selalu ada, namun adalah tugas setiap gandum yang ‘takut akan Tuhan dan teguh berpegang kepada firman-Nya’ untuk tetap menyuarakan suara kenabian ditengah komersialisasi ibadat yang melanda dunia kristen dewasa ini karena banyak jemaat yang tidak sadar dalam membedakan antara mana yang lalang dan mana yang gandum.

Dalam perjalanan waktu, penulis kemudian sering diundang juga oleh kalangan yang semula merupakan pendukung teologi sukses karena banyak diantaranya yang mulai disadarkan dan mulai melayani Allah lebih daripada Mamon setelah mereka merasa diingatkan setelah membaca buku yang semula dianggap kontroversial itu. Haleluya!

 

 

 

Juli

 




PT-maya 2012/3 Intensif kembali diikuti banyak orang dan akan dimulai pada tanggal 1 Juli 2012. Bahan-bahan akan dikirimkan setiap hari dan berjalan selama 2 bulan dan akan berakhir pada akhir bulan Agustus 2012. Masih banyaknya peserta baru yang mendaftar untuk mengikuti PT-maya 2012/3 Intensif menunjukkan bahwa banyak juga yang rindu untuk mempelajari bahan-bahan pelajaran sekali pun dikirimkan setiap hari selama 2 bulan lamanya. Puji Tuhan!

            Berhubung sampai hari ini masih ada saja yang mendaftar untuk mengikuti PT-maya 2012/3 Intensif, maka sekalipun dimulai tanggal 1 Juli 2012, mereka yang terlambat mendaftar s/d tanggal 8 Juli masih dapat didaftarkan mengikuti PT-maya 2012/3 Intensif. Mereka yang mau mengikuti PT-maya 2012/3 Intensif dapat mengirimkan surat ke sekretariat@yabina.org.

         





InFO
JUNI 2012

Pelayanan Seminar di gereja SIB - Petaling Jaya (Kuala Lumpur) tentang Pneumatologi (Roh Kudus) dan Seminar di gereja GKA Gloria – Surabaya tentang Yahweisme (Mempermasalahkan Nama Yahweh dan Allah) telah mendatangkan berkat bagi banyak jemaat, dan bukan hanya itu, bahan-bahan yang dibahas termasuk makalah + presentasi powerpointnya, sekarang telah direkam dalam CD dan bisa juga dinikmati oleh gereja-gereja lainnya sehingga gereja-gereja itu bisa ikut menyelenggarakan seminar sejenis untuk membina jemaatnya tanpa perlu mengundang YABINA ministry.


Tema CD yang baru terbit adalah sebagai berikut:


CD–14 : PNEUMATOLOGI (Tentang Roh Kudus)

Roh Kudus adalah pribadi ketiga Allah yang paling kurang dibicarakan dan disalah-mengerti, dan baru dengan adanya kebangkitan gerakan Pentakosta dan Karismatik, pribadi Roh Kudus mulai banyak disembah. Namun, tidak jarang Roh Kudus hanya dianggap sebagai tenaga batin Allah yang lebih rendah dari Allah, atau kuasanya lebih ditekankan daripada Pribadi yang memberi kuasa itu.

Seminar mengetengahkan 3 tema yang masing-masing terdiri dari 2 bahan, yaitu Makalah dan Presentasi Power point dengan judul-judul tema sbb:

  1. Siapakah Roh Allah / Roh Kudus Itu?

  2. Dipenuhi & Dibaptis Dengan Roh Kudus;

  3. Buah-Buah Roh & Karunia Roh Kudus.


CD–15 : YAHWEISME (Mempermasalahkan Nama Yahweh dan Allah)

Yahweisme atau gerakan nama suci yang mempermasalahkan nama Yahweh dan Allah dan menganut keyakinan arianisme/binitarianisme/sabelianisme merupakan gerakan kecil yang lahir di Amerika Serikat pada awal abad ke-20, namun sepak terjangnya cukup fanatik dalam mengusik jemaat-jemaat gereja yang menganut keyakinan trinitarianisme.


Seminar mengetengahkan 2 tema yang masing-masing terdiri dari 2 bahan, yaitu: Makalah dan  Presentasi Power point dengan judul-judul tema sbb:

  1. Yahweisme (Mempermasalahkan Nama Yahweh dan Allah); dan

  2. Nama Allah Sejak Masa Pra Islam.

PT–maya 2012/3 Intensif

            PT-maya 2012/1 dan PT-maya Intensif 2012/2 telah diikuti banyak peserta dan karena masih banyak yang memintanya, maka mulai tanggal 1 Juli 2012, akan dibuka PT-maya 2012/3 Intensif. Bahan-bahan akan dikirimkan setiap hari dan berjalan selama 2 bulan dan akan berakhir pada akhir bulan Agustus 2012. Banyaknya peserta baru yang mendaftar PT-maya 2012/2 Intensif menunjukkan bahwa banyak juga yang rindu untuk mempelajari bahan-bahan pelajaran sekali pun dikirimkan setiap hari selama 2 bulan lamanya. Puji Tuhan!

Mereka yang membutuhkan bahan Seminar berupa CD diatas atau yang mau mengikuti PT-maya 2012/3 Intensif dapat mengirimkan surat ke sekretariat@yabina.org.

 

 

INFO MEI


Dalam Kalender Gerejawi, kita mengenal dua hari raya yang terjadi pada bulan Mei tahun ini, yaitu Ascension (kenaikan Tuhan Yesus Ke Sorga) yang jatuh pada tanggal 17 Mei, dan Pentecost (Turunnya Roh Kudus di hari Pentakosta) yang jatuh pada tanggal 27 Mei. Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga menandakan berakhirnya pelayanan Yesus dalam tubuh duniawi di bumi dan 10 hari kemudian peran-Nya di bumi digantikan oleh turunnya Roh Kudus, Penolong yang diutus-Nya, yang sekaligus merupakan hari kelahiran gereja kristen.

Beberapa berita di bulan Mei 2012 adalah sebagai berikut:

ASCENSION dan PENTECOST

Kenaikan Tuhan Yesus yang dikenal sebagai ‘Ascension’ merupakan saat berakhirnya kahadiran Tuhan Yesus secara kasat mata dibumi ini diantara para murid-Nya. Sebelumnya Ia telah mengutus mereka untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia dan Ia menjanjikan bahwa setelah kenaikannya ke sorga Ia akan mengutus Roh Kudus untuk turun mendampingi para murid dengan kuasa sampai ke datangan Yesus yang ke dua kali. Sekalipun hari Pentakosta merupakan peristiwa yang besar dalam sejarah gereja dan merupakan awal terbentuknya gereja kristen yang bertumpu kepada kebangkitan Yesus, tidak dapat disangkal bahwa Roh Kudus kurang diperhatikan dalam sejarah gereja dibandingkan dengan Allah Bapa dan Anak Allah. Kehadiran Gerakan Pentakosta sejak akhir abad XIX kemudian disusul dengan gerakan Kharismatik sejak tahun 1960-an merupakan gerakan kebangunan kembali perhatian umat kristen akan pribadi Roh Kudus. Namun dalam perjalanan sejarah Gerakan Pentakosta tidak sedikit ekses yang timbul sekitar interpretasi pengikutnya akan pribadi Roh Kudus, apakah itu hanya sekedar kekuatan batin Allah yang mendatangkan kuasa mujizat, kesembuhan, dan kelimpahan jasmani, ataukah Ia pribadi Roh Allah yang berkuasa?

PELAYANAN KE LUAR KOTA

Selama setahun lebih ketua YABINA ministry mengalami kelemahan tubuh termasuk dua kali masuk ke rumah sakit sehingga banyak pelayanan terutama ke luar kota yang dengan berat hati tidak dapat dilayani termasuk a.l. dibatalkannya undangan pelayanan ke Freeport (Timika) dan Bangkok (Thailand). Namun puji Tuhan di tahun 2012 Tuhan memberi tugas pelayanan dan kekuatan lagi sehingga diawali dengan undangan seminar dan tiga kali kotbah di Bandung dibulan Januari disusul pelayanan di Jakarta, kembali diantara hari Ascension dan Pentecost, YABINA ministry diundang untuk memimpin Seminar mengenai Pneumatology (The Holy Spirit) dalam 4 sesi dan Kotbah minggu pada tanggal 19 dan 20 Mei 2012 di Gereja Sidang Borneo (SIB) di Petaling Jaya (Kuala Lumpur).

Pada akhir bulan Mei 2012, sesudah hari Pentakosta, YABINA juga diundang untuk melayani Seminar Yahwisme (Gerakan Nama Suci) selama dua hari pada tanggal 28 dan 29 Mei 2012) di GKT–Gloria, Surabaya. Seperti halnya Saksi-Saksi Yehuwa (Unitarianisme), sebagian pengikut Yahwisme tidak percaya bahwa Roh Kudus adalah pribadi Allah melainkan hanya tenaga batin Allah (Subordinasionisme), sebagian menganut Binitarianisme (Bapa dan Anak dua pribadi Allah sedangkan roh kudus tenaga batin Allah), sebagian lain menganut Sabelianisme (Bapa, Anak dan Roh adalah nama-nama dari Allah yang satu itu).

Saudara/saudari, doakanlah agar seminar Pneumatology dan Yahwisme menjadi berkat dan menyadarkan jemaat akan pentingnya mempercayai Roh Kudus sebagai pribadi Allah dan akan kuasa yang diberikan oleh Roh Kudus, sekaligus berhati-hati agar tidak terjerat pada pengertian yang keliru mengenai Roh Kudus yang sering dianggap sebagai kekuatan batin Allah yang mendatangkan kuasa mujizat, kesembuhan, dan kelimpahan harta bagi umatnya saja. Demikian juga doakan ketua YABINA ministry yang didampingi isterinya melayani, agar Tuhan Yesus yang mengutus Dia juga yang memberi kesehatan dan kekuatan untuk bersaksi.

PT-MAYA 2012/2 INTENSIF

            Hari ini, tanggal 1 Mei 2012, PT-maya 2012/2 Intensif telah dimulai. Bahan-bahan akan dikirimkan setiap hari dan berjalan selama 2 bulan dan akan berakhir pada akhir bulan Juni 2012 bertepatan dengan berakhirnya PT-maya 2012 (yang bersifat reguler selama 6 bulan sejak bulan Januari). Banyak peserta baru kembali mendaftar PT-maya 2012/2 Intensif ini, ini menunjukkan bahwa banyak juga yang rindu untuk mempelajari bahan-bahan pelajaran sekali pun dikirimkan setiap hari selama 2 bulan lamanya. Puji Tuhan!

 

 

Minggu Pertama bulan Maret 2012 telah kita masuki sekaligus kita memasuki minggu rangkaian Paskah yang dimulai dengan Perjamuan Malam yaitu makan roti dan minum anggur sebagai kenang-kenangan akan perjamuan malam yang dilakukan Yesus dengan para murid-Nya dan kematian Yesus yang diperingati sebagai ‘Jumat Agung’ kemudian disusul dengan hari Minggu dimana dikenang ‘Hari Kebangkitan Yesus’ atau yang lebih dikenal sebagai Hari Paskah atau Paska.

Ada beberapa InFO yang disampaikan pada bulan April 2012 ini, yaitu:

YESUS BANGKIT

Setelah selama 4 minggu berturut-turut diedarkan 4 artikel sekitar kematian Yesus, yaitu tentang: (1) Seputar Kematian Yesus; (2) Apakah Yesus Mati Suri?; (3) Yudas Menyelamatkan Yesus?; dan (4) Apakah Yesus Dimakamkan di Talpiot?, maka diakhir minggu pertama bulan April ini akan ditutup dan memuncak dalam artikel sekitar (5) Yesus Bangkit !

Yesus bangkit dan naik ke surga apalagi para murid kemudian dipenuhi dengan penyertaan Roh Kudus memberi motivasi iman yang kuat mendorong para murid pergi ke seluruh dunia memberitakan kabar baik tentang Yesus yang telah mati bagi penebusan umat manusia, bahwa Ia kemudian bangkit pada hari ketiga menang atas maut, dan empat puluh hari kemudian naik ke surga, kemudian 10 hari sesudah kenaikannya Yesus membekali para murid dengan penyertaan Roh Kudus yang mendorong mereka dengan semangat luar biasa memberitakan ‘kabar baik’ keseluruh dunia termasuk yang dilakukan oleh ‘YABINA ministry.’

PENDIDIKAN TEOLOGI-maya 2012/2

            PT-maya 2012 tetap memberitakan Yesus yang bangkit dan telah berjalan selama 3 bulan dan telah diikuti dan menjadi berkat bagi banyak peserta termasuk dari mancanegara. Suatu bentuk pelayanan online yang efektif menembus batas-batas geografis dan sudah mencapai jumlah peserta keseluruhan sekitar 4.000 orang tersebar di seluruh dunia. Puji Tuhan!

            Mengingat umumnya peserta sudah bisa mencerna bahan-bahan PT-maya dengan cepat (halmana menunjukkan bahwa umumnya para peserta bukanlah pemula melainkan sudah memiliki bekal pengetahuan iman dasar), dimulai tanggal 1 Mei 2012 yang akan datang akan diselenggarakan PT-maya 2012/2 yang bersifat intensif yaitu dikirimkan setiap hari sehingga seluruh bahan dapat diselesaikan dalam waktu 2 bulan saja. Bahan yang diberikan juga akan ditambah menjadi 6 kelompok @ 10 bahan menjadi sekitar 60 bahan, yaitu sebagai berikut:

(100) BIBLIKA;

(200) HISTORIKA;

(300) DOGMATIKA & ETIKA;

(400) PRAKTIKA;

(500) APOLOGETIKA;

(600) KRISTOLOGI.

Mereka yang ingin mengikuti PT-maya 2012/2 Intensip ini dapat mendaftarkan diri ke sekretariat@yabina.org.







 

Bulan Maret 2012 telah kita masuki, bulan dimana gereja dan umat kristen dimana-mana mempersiapkan diri menghadapai peringatan ‘Paskah’ di minggu pertama bulan April memasuki minggu Paskah dimana kita merayakan rangkaian Perjamuan Malam Jumat Agung (Perjamuan Suci) – Penyaliban dan Kematian Yesus – dan ditutup dengan Kebangkitan Yesus dari kematian.

Ada beberapa InFO yang disampaikan pada bulan ini.

WHITNEY HOUSTON

Renungan R093 – tentang Whitney Houston ternyata mendapat banyak apresiasi bahkan banyak yang bersaksi mendapat berkat dari renungan yang dinilai mereka sebagai inspiratif yang didasarkan Surat Roma fasal 12 ayat kedua itu. Memang ada juga yang mempertanyakan apakah ayat itu tidak mensiratkan agar umat kristen jangan menjadi serupa dengan dunia mengingat bahayanya?

Bila kita menghayati ayat itu dalam konteksnya secara utuh kita menyadari bahwa bukan maksud rasul Paulus untuk menganjurkan kita keluar dari dunia karena dalam pelayanannya ia sendiri masuk ke dalam dunia dan renungan itu sendiri juga tidak mensiratkan bahwa kita harus ‘meninggalkan dunia’ sebab contoh yang diberikan oleh ibu Whitney yaitu Cissy Houston jelas dimana ‘sekalipun ia terjun ke dunia musik sekuler,’ ia tidak menjadi serupa dengan dunia tetapi ‘tidak pernah meninggalkan akar pelayanan di gerejanya.’

Bandingkan hal ini dengan doa Tuhan Yesus tentang para murid mengenai ‘masih ada dalam dunia’ (Yoh.17:11) dan ‘Yesus tidak meminta agar mereka keluar dari dunia’ (ay.15) tapi karena murid-murid ‘bukan dari dunia’ (ay.14) maka ‘Yesus meminta agar Bapa di sorga memelihara’ (ay.1,12) dan ‘melindungi mereka dari yang jahat’ (ay.15) serta ‘menguduskan dalam kebenaran’ (ay.18), agar mereka layak ‘diutus ke dalam dunia’ – (ay.18). Pemeliharaan dan Perlindungan Allah menyebabkannya Cissy ‘mengalami pembaharuan budi’ sehingga ia dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kita juga patut mendoakan Bobby Christina Brown, anak semata wayang Whitney yang kurang beruntung karena tidak tinggal dekat akar kerohanian melainkan dilahirkan dalam lingkungan selebritis orang tua yang kecanduan minuman keras sehingga dalam umur belasan tahun ia sudah ketagihan juga, agar Christina mendapat bimbingan neneknya Cissy agar kembali kepada akar kerohanian yang memelihara dan melindungi manusia beriman dari lingkungan dunia selebriti yang kejam ditengah bergelimangnya harta warisan yang diterimanya, dan akhirnya kita patut bersyukur kepada Tuhan yang berkenan menggunakan artikel YABINA sebagai saluran firman sehingga mendatangkan berkat bagi banyak pembaca. Haleluya !

PELAYANAN KASIH

YABINA berkesempatan mendukung pelayanan STT Triniti di Parapat (dirintis Dr. Ir. Mangapul Sagala) dengan persembahan kasih berupa sebuah LCD Projector dan Desk Top Computer dengan LCD Monitor. Terima kasih diucapkan kepada para Sahabat Awam yang membagikan berkat sehingga dapat disalurkan kepada pelayanan yang lebih memerlukannya.

PENDIDIKAN TEOLOGI-maya

            PT-maya 2012 telah berjalan selama 2 bulan dan tetap diminati banyak orang sehingga memasuki tahun 2012, sudah 4.000 peserta dijangkau dengan pelayanan pendidikan teologi yang diselenggarakan oleh YABINA ministry sejak awalnya.

“Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!” (Roma 10:15b)
 

Salam kasih dari YABINA ministry www.yabina.org.Profil

februari 2012

“Nada Ilmu Pengetahuan pada abad-20 adalah positif dan materialistik; ahli-ahli Ilmu Pengetahuan nyaris membuang semua hubungan dengan filsafat spekulatif. Tetapi sekarang, situasinya berubah secara drastis. Ahli-ahli Ilmu Pengetahuan tidak berbicara mengenai finalitas; ia tidak mengharapkan dapat mengungkapkan semua hukum-hukum alam. Ia mengedepankan kesimpulan-kesimpulannya sebagai relatif, tentatif, dan tidak pasti.” (The Book of Popular Science, Vol.9, Grolier, New York, 1967, hlm.279).

Demikianlah komentar Justus Schifferes dalam tulisannya mengenai ‘Science Through The Ages’ dalam abad-20. Komentar ini memberi petunjuk bahwa Ilmu Pengetahuan sendiri belum mencapai titik akhir, sehingga relasi antara Alkitab dan Ilmu Pengetahuan tetap terbuka sampai saat ini. (Ilustrasi gambar adalah cover buku yang ditulis ketua YABINA dan diterbitkan tahun 1978 oleh BPK-GM)

SEMINAR ALKITAB & ILMU PENGETAHUAN

                Bulan Februari 2012 dibuka dengan undangan seminar untuk membahas ‘Alkitab & Ilmu Pengetahuan’ di Pendidikan Teologi Jemaat (PTJ) di GKI Pamulang – Jakarta, pada tanggal 4 Februari 2012, jam 10.00 s/d 13.30 WIB.

            Sejak bangkitnya rasionalisme di abad-XVI – XVII dan memuncak diabad-XVIII – XIX, kritik terhadap data-data ilmiah dalam Alkitab gencar dilontarkan, namun sejauh ini kritik-kritik itu belum dapat menanggalkan iman manusia akan Alkitab sehingga pertanyaan tentang Alkitab & Ilmu Pengetahuan tetap menjadi topik hangat dan umat manusia hanya bisa memilih di pihak mana ia mau percaya.

            Sebaliknya juga penafsiran orang akan Alkitab juga berkembang sejak masa rasionalisme mulai dari konservatisme (mengacu pada otoritas Alkitab), kedua kutub liberalisme/modernisme (mengacu pada otoritas rasio diatas Alkitab) sampai fundamentalisme (mengacu pada otoritas harfiah akan ayat-ayat Alkitab).

            Nisbah antara Alkitab dan Ilmu Pengetahuan belum selesai didiskusikan sampai dengan saat ini, dan tentu sikap yang tepat diperlukan dalam menanggapinya, bukan dengan keyakinan dogmatisme yang kaku yang mengatas-namakan iman juga bulan dengan rasionalisme yang bebas yang mengatas-namakan rasio, melainkan dengan iman dan keterbukaan untuk terus mencari jawab atas keduanya. Alkitab telah final sebagai sumber iman bagi umat kristen, namun penafsiran orang akan Alkitab belumlah final, demikian juga hasil-hasil ilmu pengetahuan terbukti juga belum final, keadaan inilah yang menantang kita untuk terus belajar Alkitab maupun Ilmu Pengetahuan seperti yang dilakukan orang-orang di Berea:

“Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.” (Kisah 17:11)

Akhirnya . . .Marilah kita memasuki bulan kedua tahun 2012 dengan pelayanan yang penuh dengan iman, pengharapan dan kasih.

 

 

januari 2012

 

Bulan Januari 2012, mengajak kita memasuki dua peristiwa penting. Pertama, tahun baru Masehi (Kristen) pada tanggal 1 Januari 2012, dan umat beretnis Tionghoa merayakan juga tahun baru Imlek (Sincia) pada tanggal 23 Januari 2012.

SELAMAT TAHUN BARU 2012.....

                Sesuai penanggalan solar (matahari) sekarang dimasuki tahun ke 2012, penanggalan mana dikaitkan sebagai tahun Masehi (Kristen) dan tahun 0 dianggap tahun kelahiran Yesus (tepatnya 4SM/BC). Perayaan tahun baru yang dirayakan di seluruh dunia itu mengajak kita mengenang tahun 2011 yang telah kita tinggalkan dan melanjutkan yang belum selesai memasuki tahun yang baru agar kita dapat melayani Tuhan dengan lebih rajin dan tekun dibanding tahun sebelumnya. Kita bersyukur karena selama tahun yang lalu Tuhan telah memimpin pelayanan kita sepanjang tahun dan marilah kita mendoakan agar Tuhan tetap memimpin pelayanan kita di tahun baru 2012 ini.

SINCIA & TRADISI TIONGHOA

Sesusai penanggalan Imlek/Sincia lunasolar (gabungan tahun lunar/bulan dan solar/matahari) tahun ini dimasuki tahun 2563 pada tanggal 23 Januari 2012 bagi masyarakat Tionghoa atau yang masih mengikuti tradisi turun temurun. Di RRC maupun Taiwan, kalender kristenlah yang digunakan secara resmi dalam hubungan dengan pemerintahan dan bisnis namun kalender Tionghoa masih terus dipakai dikalangan masyarakat dalam hubungan dengan tradisi turun-temurun dan hari-hari raya Tionghoa.

Tuhan membukakan pelayanan di tahun 2011 bagi ketua YABINA ministry dengan undangan untuk menyampaikan ceramah dan tiga kali kotbah  tanggal 7-8 Januari 2012 di gereja GKIm – Ka Im Tong Bandung, keempatnya dengan tema ‘Sincia dan Tradisi Tionghoa.’ Saudara/i, doakanlah agar Tuhan memimpin penugasan ini agar dapat disampaikan firman dengan hikmat Tuhan dan kesehatan tubuh untuk menjalaninya, dan agar jemaat mengerti dengan jelas apa kandungan tradisi Tionghoa terutama hari-hari rayanya agar mereka yang telah menerima Kristus menjadi dewasa dalam iman dan mengerti hal mana yang bisa terus dijalankan dan hal mana yang harus ditinggalkan.

PENDIDIKAN TEOLOGI-maya 2012

Pendidikan Teologi-maya yang telah diumumkan selama sebulan lebih telah banyak diminati dan banyak yang mendaftarkan diri sehingga sampai saat ini pesertanya sudah mendekati 4000 orang sejak pertama diadakan dan diikuti oleh peserta dari banyak negara. Setiap pendaftar diberi balasan mengenai diterimanya pendaftaran dan dimulainya PT-maya pada bulan Januari 2012. Pelajaran akan dikirimkan setiap hari Senin dan Kemis dan dikirimkan melalui milis Teologi-maya@yabina.org. Sampai hari ini pendaftaran masih berdatangan, karena itu mereka yang mendaftarkan sampai selambatnya bulan Januari masih bisa disusulkan mengikuti angkatan 2012 itu.


Saudara-saudara, doakanlah kami” (1 Tesalonika 5:25)
  

 Salam kasih dari YABINA ministry

 

 

 

 

desember

 

Bulan Desember baru kita masuki, dan dimana-mana di seluruh dunia bulan ini diisi dengan berbagai perayaan Natal mengenang kelahiran juruselamat ke dalam dunia ini. Tema Natal tidak lain adalah pemberian Allah dengan menurunkan Anak Allah menjadi daging menjadi tebusan dosa bagi barangsiapa yang percaya kepada-Nya.

                Dalam saluran TV BBC Knowledge sering ditayangkan acara yang mengharukan berjudul ‘The Secret Millionaire.’ Siaran itu mengetengahkan gerakan sosial beberapa jutawan yang menyisihkan sebagian kelebihan mereka untuk menolong orang-orang atau badan sosial yang mengemban misi kemanusiaan, baik untuk anak-anak terlantar, yatim piatu, korban narkoba, manula dll. Namun dibalik para ‘millionaire’ (jutawan) yang membagikan kelebihan mereka untuk orang lain secara rahasia itu, kita lupa bahwa karunia memberi bukan hanya diberikan kepada mereka yang memiliki kelebihan materi melainkan juga pada mereka yang memiliki kasih Yesus sekalipun mereka kekurangan dalam hal materi. Paulus bersyukur atas kasih jemaat di Makedonia, yang sekalipun mereka berkekurangan mereka membantu jemaat teraniaya di Yerusalem karena iman mereka. Mereka yang bukan jutawan tapi melakukan kasih kepada sesama itu jumlahnya banyak sekali dan boleh disebut sebagai ‘the millions,’ karena sekalipun masing-masing hanya bisa memberi sedikit namun karena jumlahnya banyak pemberian mereka berarti juga.

PELAYANAN KASIH

YABINA ministry sekalpun tidak menonjol dan bukan termasuk prioritas pelayanannya, sudah lama juga menjalankan Pelayanan Kasih (PK), bahkan di tahun 2002 ketika terjadi banjir besar di Jakarta dan kota-kota lain, YABINA melayani pelayanan kasih kepada sesama dengan menggerakkan para Sahabat Awam dan waktu itu terkumpul sekitar 80 juta rupiah yang seluruhnya dibagikan kepada mereka yang berkekurangan yang menjadi korban banjir di Jakarta, Bandung, Semarang dan Kalimantan Tengah.

Beberapa pelayanan kasih yang dilayani YABINA ministry sejauh ini adalah a.l. berupa:

  • Membagikan satu set ensiklopedia nasional indonesia (18 jilid) kepada panti asuhan kristen di Bandung;

  • Membagikan puluhan majalah HAI kepada anak-anak jatim piatu;

  • Membagikan ratusan buku tulis kepada murid-murid SD yang berkekurangan;

  • Membagikan beberapa mesin jahit kepada beberapa keluarga miskin;

  • Membagikan beberapa arloji kepada mereka yang membutuhkan;

  • Membagikan pakaian kepada korban banjir;

  • Membantu pembiayaan pengobatan bagi mereka yang membutuhkan termasuk ada yang harus dioperasi;

  • Membantu mengadakan komputer bagi seorang yang rindu melayani Tuhan melalui tulis menulis namun mengalami kelumpuhan kaki;

  • Menyewakan rumah bagi seorang wanita yang bersama anak-anaknya ditelantarkan dan diceraikan oleh suaminya;

  • Mempersembahkan buku-buku ke sekolah teologi.\;

  • Bekerjasama dengan Mustard Seed Foundation membagikan 2000 buku Pelayanan Perkotaan kepada gereja-gereja di Indonesia.

Banyak lagi usaha pelayanan kasih yang dilayani YABINA ministry sekalipun skalanya tidak besar, sebab pelayanan kasih akan sangat membantu mereka yang benar-benar sedang membutuhkan bantuan. YABINA ministry sendiri dalam pelayanannya yang memasuki tahun ke-30 ini sendiri tidak memiliki gedung kantor atau mobil sendiri karena para anggota Yayasan dan Sahabat Awam ikut melayani dengan kasih mereka.

THE SECRET MILLIONS

Sebenarnya  selain satu dua jutawan yang diliput siaran ‘The Secret Millionaire,’ sebenarnya ada jutaan lain ‘The Secret Millions’ yang ingin memberi dalam keterbatasan mereka, karena itu sambil mengenang pemberian kasih Allah pada beristiwa Natal tahun ini, YABINA ministry kembali membuka Pelayanan Kasih Natal agar dapat dipartisipasi oleh para Sahabat Awam. Pemberian para Sahabat Awam sekalipun sedikit tetapi kalau banyak yang memberi jumlahnya akan berarti juga. Mereka yang tergerak untuk berpartisipasi dalam pelayanan kasih Natal kali ini dapat mengirimkan persembahan partisipasi.
 

Sdr/i ykk,

Sehubungan dengan adanya himbauan Pelayanan Kasih Natal 2011 (the secret millions) yang diberitakan dalam InFO Desember 2011, maka untuk mempermudah bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam Pelayanan Kasih Yabina, diberikan info tambahan berikut:

Mereka yang tergerak untuk berpartisipasi dalam pelayanan kasih Natal kali ini dapat mengirimkan persembahan partisipasi ke:

YABINA, BCA  a.c.no.: 282 300 1631.

Dengan diberi keterangan
‘Untuk PK’ atau diberi kode tambahan 25 rupiah.

 

 

 

 

 

 

Tidak terasa, kita memasuki bulan Nopember 2011 yang merupakan bulan pertama YABINA ministry memasuki tahun yang ke-30 pelayanannya, dan tidak terasa pula bahwa pelayanan YABINA telah mendatangkan berkat bagi banyak sekali pembaca, ada yang mengapresiasikannya dengan membaca buku karya YABINA ministry dan membuka situs YABINA ministry, banyak juga yang meneruskan dengan memforwardnya ke milis-milis lain atau majalah dilingkungannya, dan banyak juga yang mengirimkan surat kesaksian maupun bersaksi kepada YABINA secara lisan bila berjumpa dalam kesempatan YABINA melayani di gereja-gereja.

Kesaksian Menerima Berkat

Gambar ilustrasi menunjukkan Yesus memberitakan dan mengajarkan Injil kemana-mana, dan tanpa dipaksa banyak murid mengikuti teladannya secara estafet. Teladan Yesus telah diikuti oleh Paulus, dan Paulus menulis pada Timotius agar mengikuti teladannya, demikianlah estafet terjadi berkelanjutan.

Dibalik ‘the silent majority’ yang merasakan berkat dari pelayanan YABINA ministry, ada banyak kesaksian lisan dan melalui surat yang diterima YABINA ministry yang mengungkapkan bahwa mereka merasakan berkat dari pelayanan kotbah/ceramah/tulisan YABINA ministry, dan pada medio bulan Oktober yang baru kita lalui, ada tiga kesaksian yang terjadi dalam tiga hari berturut-turut.

Pada hari pertama, Bedjo Lie mengirimkan e-mail kepada YABINA. Ia sarjana ekonomi lulusan UK Petra yang menyerahkan diri kepada Tuhan dan masuk ke sekolah teologi SAAT di Malang yang sekarang sedang melanjutkan studi magister teologi di Talbot Theological seminary (USA). Ia ketika masih di Surabaya menjadi ketua Unit Kerohanian UK Petra yang merasakan berkat tulisan YABINA dan beberapa kali mengundang YABINA untuk memimpin seminar di UK Petra. Ia mengaku bahwa YABINA telah menjadi ‘pembimbing apologetika’ baginya, apologetika yang sekarang diminatinya dan terus diperdalamnya di USA, dan sekali lagi dinyatakannya lagi dalam emailnya bahwa YABINA adalah ‘the silent mentor’ bagi pelayanannya.

Pada hari kedua, Mangapul Sagala, datang mengunjungi kantor YABINA. Ia bersaksi bahwa ketika menjadi mahasiswa di fakultas tehnik UI di Jakarta, ia tertarik dan merasakan berkat dari ceramah YABINA ketika diundang di kampusnya dan juga dari tulisan YABINA. Setelah lulus sebagai sarjana tehnik di UI ia tergerak menyerahkan diri kepada Tuhan dengan masuk ke sekolah teologi, tapi kala itu ada dari keluarga besarnya yang menyebutnya ‘orang aneh’ dan menanggapi hal itu ia mengaku bahwa ia menjadikan ketua YABINA sebagai salah satu teladan ‘orang aneh’ profesional yang melayani. Ia kemudian masuk ke Trinity Theological College di Singapura dan mendapat MDiv, MTh, bahkan DTh. Ketika menyelesaikan doktoralnya ia sempat selama 6 bulan melakukan penelitian di Cambridge di Inggeris dan di Pontificio Institutio Biblico di Roma. Kini ia sering memimpin ceramah, kotbah dan KKR, menulis buku, dan terakhir ia mendirikan dan mengetuai Sekolah Tinggi Theologia Trinity di Parapat dimana ia mengajak YABINA ikut mengajar. Ketika pada tahun 2002 menghadapi banjir besar di Indonesia YABINA ministry menggalang bantuan kepada para korban, ia menggerakkan rekan-rekannya para sarjana dan menitipkan puluhan juta rupiah melalui pelayanan kasih YABINA ministry.

Pada hari ketiga, Denny Teguh Sutandio, menulis email kepada YABINA. Ia sarjana sastra lulusan UK Petra Surabaya yang sejak menjadi mahasiswa terbeban melayani Tuhan dengan menempuh pendidikan theologi awam di Sekolah Theologi Reformed Injili Surabaya dan melanjutkan ke Sekolah Theologi Awam Reformed, keduanya di Surabaya.  Sesuai pendidikan formalnya, ia rajin menulis artikel, buku, meneruskan artikel dan mengulas buku-buku teologi melalui facebook, milis, forum, dan blog pribadi. Ia juga merasakan berkat dari pelayanan tulisan YABINA ministry sehingga beberapa artikel YABINA ikut di forward ke jaringan yang diikutinya. Dalam emailnya ia meminta YABINA menulis surat endorsement untuk dimuat dibuku terakhir yang diterbitkannya melalui penerbit ‘Sola Scriptura’ yang dibentuknya.

Akhirnya . . .

Saudara/i, marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang tetap berkenan memberkati pelayanan Yabina ministry dan menjadikannya saluran berkat sehingga sedikit banyak juga menjadi teladan kepada banyak profesional muda yang kemudian memperluas jangkauan pelayanan sesuai bidang pelayanan masing-masing. Kiranya tiga kesaksian pada medio Oktober itu menjadi kesukaan bagi para Sahabat Awam dan keluarga Besar YABINA bahwa pelayanan mereka tidak sia-sia melainkan telah ikut serta dalam pembinaan banyak pelayan-pelayanan muda lainnya, baik langsung mapun tidak langsung.

Saudara-saudara, doakanlah kami” (1 Tesalonika 5:25)  

 Salam kasih dari YABINA ministry


Mimbar-maya mailing list
Mimbar-maya@yabina.org
http://yabina.org/mailman/listinfo/mimbar-maya_yabina.org

 






Tidak terasa,
kita memasuki bulan Oktober 2011 yang dibuka dengan mengingat akan pimpinan Tuhan dan pemeliharaan-Nya atas pelayanan YABINA ministry selama 29 tahun.

Ulang Tahun YABINA ke-29
 


YABINA ministry
telah melayani selama 29 tahun sejak berdiri pada tanggal 1 Oktober 1982 setelah sebelumnya dirintis dalam bentuk ‘Kursus Alkitab dan Teologi Tertulis’ (KATT) dengan nama ‘Teologi Untuk Awam’ sejak tahun 1979.

HUT YABINA ministry yang ke 29 diperingati dengan makan siang bersama pengurus inti di Jakarta pada tanggal 2 Oktober 2011 sesuai foto disamping. HUT YABINA ministry juga mengenang HUT ketua yang ke 70 dan pelayanannya selama 48 tahun sejak Tuhan memanggil menjadi hambanya pertama kali.

Foto menunjukkan enam pelayan Inti (Lucy, Hanna, Esther, Herlianto, Elyakim, Daniel L.N.) yang melayani dengan setia sejak awal pembentukan YABINA ministry ditahun 1982.

Disamping itu YABINA ministry ditunjang dengan 3 pelayan penunjang (Supporting Staff) generasi kedua yaitu Aldo (Seattle, USA), Victor (Jakarta), dan Imelda (Cikarang). Demikian juga para Sahabat Awam yang mendukung pelayanan YABINA ministry dengan setia (banyak yang mendukung sejak berdiri sampai sekarang) sehingga Yabina menjadi berkat bagi banyak orang berbahasa Indonesia di seluruh dunia.

            Marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang memperkenankan YABINA ministry melayani dengan setia selama 29 tahun dalam bentuk Kursus Alkitab dan Teologi Tertulis, Penulisan dan Penerbitan Buku, Penerbitan Makalah Sahabat Awam, Seri Buku Saku Yabina, CD eBook, dan pelayanan internet (setiap artikel dibaca dan menjadi berkat bagi lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia setiap diedarkan melalui 25 milis).

                Terima kasih juga disampaikan kepada para Sahabat Awam dan semua pihak yang telah mendukung YABINA ministry selama ini sehingga YABINA ministry tetap menjadi berkat bagi banyak umat Kristen berbahasa Indonesia di seluruh dunia.

            “betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik” (Roma 10:15b)

Saudara/i, marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang telah dengan setia membina dan memperkenankan YABINA ministry melayani-Nya selama 29 tahun sehingga tetap bisa menjadi berkat. Dan marilah kita bersama mendukung pelayanan YABINA ministry agar berkenan kepada Tuhan dan terus bertumbuh dalam pelayanan.

 

 

BULAN SEPTEMBER 2011 telah kita masuki dan meninggalkan bulan Agustus yang penuh warna dan peristiwa, bulan September yang penuh dengan kesempatan baru yang luas. Bagi umat beriman yang terpanggil, bulan September bisa merupakan bulan dimana kita bisa melayani Tuhan dengan stamina yang baru dan harapan baru untuk mengsi sepertiga waktu kita diujung tahun 2011 ini.

Masa Istirahat Ketua YABINA

Diakhir bulan Agustus 2011 Tuhan memperkenankan ketua YABINA untuk beristirahat dirumah sakit selama 5 hari karena kelemahan tubuh.

Sekalipun beberapa pelayanan tertunda karena sementara ini dokter menyarankan untuk tidak bekerja terlalu lelah dan bepergian  jauh (terutama menyetir mobil sendiri, lebih-lebih ke luar kota) dan perlu lebih banyak beristirahat. Kelihatannya kali ini juga diperlukan perhentian menurut jalan Tuhan agar dapat menyiapkan diri untuk pelayanan yang lebih luas lagi.

Terima kasih disampaikan kepada para sahabat awam yang berkunjung ke rumah sakit dan ikut meringankan biaya pengobatan, kiranya Tuhan berkenan akan kehadiran dan persembahan saudara-saudari. Tuhan memberkati kita !

Buku ke-37: Saksi-Saksi Yehuwa

Dibalik pelayanan pelayanan mimbar yang berkurang, pelayanan tulis-menulis dan pelayanan internet masih tetap diperkenan dan diberkati Tuhan. Sehari sebelum kerumah sakit ada berita gembira dari Badan Penerbit Kristen Gunung Mulya (BPK-GM) bahwa naskah yang ditulis ketua YABINA berjudul ‘Saksi-Saksi Yehuwa mengetuk pintu rumah Anda’ telah diperiksa dan akan diterbitkan oleh BPK-GM (Buku ini merupakan buku ke-37 YABINA). Puji Tuhan, bahwa sekaipun mengalami kelemahan tubuh, kehendak hati untuk tetap melayani melalui media tulis-menulis dan internet tetap diperkenan dan diberkati oleh Tuhan bahkan diperluas. Pergeseran dari pelayanan mimbar ke pelayanan meja (komputer) makin nyata dengan adanya nasehat dokter untuk membatasi jarak jauh dan mengurangi kelelahan tubuh sehingga sementara ini kegiatan bepergian diantar isteri yang dengan setia mendampingi pelayanan.

Pesanan CD dan MSA

Di Bulan Agustus puluhan pesanan CD dan Bindel MSA berdatangan, sebagian besar pesanan telah dikirimkan kepada pemesan, namun pesanan yang datang pada akhir bulan Agustus dan awal September berhubung ketua YABINA berada di rumah sakit dan jasa ekspedisi TKI/JNE libur lebaran lebih dari seminggu, maka pesanan tertunda dan baru dapat dikirimkan pada tanggal 6 September 2011. Kiranya hal ini dapat dimaklumi oleh para pemesan.

Akhirnya,

 

 

BULAN AGUSTUS 2011 baru kita masuki. Ada dua peristiwa penting terjadi di bulan Agustus 2011 ini, yaitu ‘Hari Kemerdekaan R.I.’ dan ‘Bulan Ramadhan yang diakhiri dengan perayaan Idul Fitri.’ Bagaimana peran kita didalam negara dimana kita menjalani hidup dan makan, dan sikap kita berada ditengah peristiwa penting yang dirayakan oleh agama yang dianut mayoritas warga-negara Indonesia itu?

Hari Kemerdekaan R.I.

17 Agustus Hari Kemerdekaan Kita … itulah nyanyian yang setiap tahun kita nyanyikan disaat upacara bendera dihari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Namun, akhir-akhir ini masyarakat Indonesia merasakan bahwa Pancasila yang tergambar didada burung garuda yang menjadi lambang negara R.I. itu sudah tercabik berkeping-keping antara daya tarik nasionalisme yang masih dirindukan sebagian masyarakat dan sektarianisme dan radikalisme yang dipraktekkan sebagian kecil masyarakat. Sampai dimanakah umat kristen berperan dalam menegakkan pancasila yang begitu ideal itu?

Kita perlu merenungkan peran serta apakah yang bisa diperbuat oleh umat kristen ditengah masyarakat  majemuk di Indonesia itu. Memang tidak mudah ini dilakukan karena kekristenan sendiri tercabik-cabik dalam banyak denominasi dan juga gereja suku, sehingga kalau secara internal sendiri sulit adanya kesatuan bagaimana kita dapat berusaha kearah kesatuan negara? Kelihatannya, bila secara institusional sulit, maka peran masing-masing umat secara pribadi dalam berperan serta sebagai warga negara yang bertanggung jawab akan sangat berarti.

Tidak dapat disangkal umat kristen ada dimana-mana, di pemerintahan, di angkatan bersenjata, di kalangan pengusaha, maupun di kalangan politikus dan cerdik cendekiawan, pokoknya tidak ada bidang dimana kehadiran umat kristen tidak ada. Banyak juga sudah kita dengar bahwa banyak peran mereka yang menunjukkan kesaksian yang indah tentang kejujuran, komitment, prestasi, kesetiaan, dan lain-lain. Namun dibalik itu kekristenan juga dikotori dengan kesan jelek dimana banyak politikus kristen korup dan menyalah-gunakan kekuasaan, pengusaha kristen yang tidak beda perilaku bisnisnya dengan pengusaha pada umumnya, dan ibadat kristen dengan gedung-gedung mewahnya yang hanya menjadi bagai ‘candu bagi masyarakat’ ditengah keterpurukan rakyat banyak yang menghadapi kehidupan yang sulit.

Marilah kita terus berusaha agar iman kita menjadi dewasa dan kehadiran kita dalam masyarakat Indonesia yang majemuk ini makin bersinar dan berbuah lebat, sehingga dilihatnya kebajikan kita dan dipermuliakan Bapa di sorga.

Bulan Ramadhan & Idul Fitri

Bulan Agustus cukup istimewa, karena tepat dalam bulan ini dua peristiwa penting bagi umat Islam sepenuhnya terjadi, yaitu bulan Ramadhan dan ditutup diakhir bulan Agustus dengan perayaan Idul Fitri. Kita harus menghargai ketekunan mereka yang berpuasa dan menantikan dengan khusyuk hari raya Idul Fitri, dan terutama dari itu kerinduan mereka untuk menyembah Allah. Apa yang bisa dilakukan oleh umat Kristen ditengah umat muslim yang mayoritas di Indonesia?

            Umat kristen selayaknya bersaksi dan tidak mengisolir diri dari saudara-saudara sebangsa yang beragama Islam karena baik umat kristen maupun islam berusaha untuk mencari kehadiran dan beriman kepada sang khalik langit dan bumi, yaitu Allah Abraham yang diyakini oleh masing-masing agama sesuai kitab suci yang diterima dan dipercaya dalam masing-masing agama. Tugas kita bukan untuk mengkonfrontir Allah dengan Yesus atau Yahweh seperti yang dilakukan sebagian orang dan juga untuk melakukan kristenisasi, namun marilah kesamaan ‘Allah Abraham, pencipta langit dan bumi’ itu dapat dijadikan pangkal berpijak bahwa kita semua mencari Allah yang sama. Kesaksian dapat dilakukan dengan pertama-tama: Menjalin hubungan baik dengan bersilaturachmi, dan Idul Fitri adalah salah satu kesempatan kearah itu; Kedua: Menyatakan kehadiran umat kristen yang santun dan tidak eksklusif, dan menjalankan kasih kepada sesama; dan ketiga, bila hubungan baik telah terjadi kita harus bersaksi tentang Allah yang kita sembah yang telah menyatakan diri melalui para nabi dan memuncak dengan kehadiran Anak-Nya yang tunggal sesuai dengan berita Alkitab agar semua orang bisa mempercayainya dan menerimanya sebagai Tuhan dan Juruselamat. Tidak mudah, namun bukannya mustahil bukan?

Akhirnya,

betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik” (Roma 10:15b)

Saudara-saudara, doakanlah kami” (1 Tesalonika 5:25)  


Salam kasih dari YABINA ministry

 

 

 

BULAN JULI 2011 baru kita masuki. Dengan demikian kita meninggalkan tengah pertama tahun 2011 dan memasuki tengah kedua yang penuh harapan. Dalam menjalani enam bulan pertama tahun 2011, patutlah kita bertanya pada diri sendiri: (1) Apakah yang telah kita perbuat untuk Tuhan dan sesama kita?; dan (2) Apa dan Bagaimana kita melayani Tuhan 6 bulan kedepan?

Jeda Sejenak

Di Bulan Juni 2011, artikel YABINA ministry kelancarannya mengalami ‘jeda sejenak’ dan diterima tidak teratur oleh member milis Mimbar-maya@yabina.org dan SaksibagiKristus@yabina.org. Hal ini disebabkan karena YABINA ikut merasakan kepergian ibu mertua ketuanya yang meninggal dunia pada tanggal 26 Mei di Bandung dalam umur 94 tahun, sehingga ketua YABINA dan isteri harus berada di sana selama seminggu, dan pada bulan Juni beberapa kali masih harus bolak-balik ke kota Bandung menyelesaikan hal-hal yang ditinggalkan almarhumah.

Asia Pasific Housing Forum

Pada bulan Maret 2011, ketua YABINA ministry diundang untuk berbicara pada Asia Pacific Housing Forum di Bangkok yang diselenggarakan oleh Habitat Humanity International & Palang Merah Sedunia. Kesempatan ini merupakan kehormatan bagi YABINA ministry yang selama ini melayani Tuhan secara holistik (vertikal dan horisontal), dan ketua yang sudah banyak makan asam garam pelayanan di sektor rumah murah, perbaikan kampung, dan pembangunan masyarakat perkotaan dan sering mempersentasikan makalah di puluhan kongress internasional di mancanegara, dipercaya bersanding dengan banyak pembicara pakar perumahan dan pembangunan perkotaan dari seluruh dunia. Sekalipun sejak setahun terakhir pelayanan keluar kota telah dibatalkan/ditolak karena kendala kesehatan sebagai dampak radiasi di daerah perut dua tahun silam mengganggu aktivitas kebelakang yang menyulitkan aktivitas padat dengan perjalanan panjang ke luar kota, ketua masih berharap kepada Tuhan diberi kekuatan kali ini.

Namun, apa daya, pada awal Juni kondisi kesehatan untuk bepergian ke luar kota tidak kunjung kondusif ditambah suara serak yang menjadi kendala bagi penceramah menyadarkan ketua untuk tidak memaksakan diri. Sehubungan dengan itu Tuhan memperkenankan ketua untuk mengundurkan diri dari undangan itu dan menyampaikannya kepada panitia, daripada pada saatnya nanti mengganggu kelancaran forum yang mengeluarkan biaya banyak dalam undangan tersebut. Sekalipun demikian kelihatannya makin jelas pelayanan penulisan, internet, maupun pembuatan CD eBook tetap diperkenan Tuhan dengan banyaknya saudara/i yang tetap setia mendukung pendanaannya, permintaan menjadi anggota milis terus datang, banyak persembahan buku-buku baru, dan pemesanan CD eBook yang terus berdatangan.

Kamus Alkitab LAI

Pelayanan dikota/rumah yang tidak memerlukan perjalanan panjang yang melelahkan tetap berdatangan. Di bulan Juni ini, Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) meminta YABINA ministry menulis 4 laman untuk Kamus Alkitab yang akan diterbitkan, yaitu tentang orang Farisi, Saduki, Samaria, dan Zelot. Pembahasan singat dan padat untuk Kamus Alkitab itu mengenai kelompok-kelompok beragama sekitar perpindahan dari masa Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru yang juga memanfaatkan isi The New Interpreter’s Dictionary of the Bible (5 Vols, 2007) persembahan Sahabat Awam dan karya-karya Yosephus dalam CD YABINA (Pustaka Klasik 03/2009) akan diolah kembali dan dibuat menjadi artikel populer yang akan dihadirkan milis YABINA dan dikirimkan 4 minggu berturut-turut di bulan Juli 2011.

 


BULAN JUNI 2011 baru kita masuki, dan pada bulan ini ada tiga peristiwa penting sekitar pelayanan Yesus yang dikenang umat kristen setiap tahun. Pertama, sebelum terangkat ke sorga, Ia memberikan perintah agung kepada para murid-Nya; Kedua, segera setelah itu Ia naik ke sorga; dan 10 hari sesudahnya Roh Kudus dicurahkan kepada para murid. Dengan adanya ketiga hal itu maka lengkaplah perlengkapan para murid sehingga mereka mendapat jaminan bahwa mereka melayani Tuhan yang bangkit dan naik ke sorga, dan yang telah menyuruh Roh Kudus mendampingi mereka sehingga mereka dapat memberitakan Injil ke seluruh dunia dengan motivasi yang kuat dan kuasa Roh Kudus.

Perintah Memberitakan Injil

“pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.” (Matius 28:19)

Perintah
agung Tuhan Yesus telah diberikan sebagai mandat yang harus dikerjakan oleh setiap murid Tuhan Yesus. Perintah ini diberikan oleh Tuhan Yesus sendiri kepada para murid-Nya, Tuhan Yesus yang hadir secara tubuh berdaging dan bertulang menunjukkan bahwa ia benar-benar bangkit secara tubuh dari kematiannya setelah di salibkan. Tubuh kebangkitan demikianlah yang akan diterima para murid kelak, dan merupakan jaminan bahwa umat percaya akan diberikan kebangkitan yang sama seperti yang telah dicontohkan oleh ‘buah sulung kebangkitan.’ Itu.

Tuhan Yesus Naik Ke Sorga

terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.” (Kisah 1:9)

Sekalipun para murid sudah mendapat mandat memberitakan Injil, mereka masih menanti apa yang akan terjadi dan harus mereka lakukan karena Yesus masih hadir bersama mereka. Para murid masih bergantung kepada guru mereka, namun terangkatnya Tuhan Yesus ke sorga genap merupakan masa mereka ‘disapih’ dan secara mandiri harus memberitakan Injil dengan berani di Yerusalem, Yudea, Samaria, maupun sampai ke ujung bumi.

Motivasi sebagai generasi penerus sudah kuat dan benar, karena keyakinan akan kematian Yesus dalam menebus dosa umat manusia dan kebangkitan-Nya serta Kenaikan-Nya ke sorga telah memberi jaminan pada para murid bahwa mereka tidak melayani untuk sesuatu yang bersifat khayal atau mitos, melainkan mereka termotivasi benar-benar oleh kematian, kebangkitan dan pengangkatan Tuhan Yesus ke sorga itu.

Roh Kudus Turun Ke Atas Para Murid

“kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah 1:8)

Sekalipun perintah agung sudah jelas disampaikan kepada para murid, dan Tuhan Yesus telah terangkat ke sorga menggenapi semua motivasi yang diperlukan, mereka masih menunggu 10 hari lagi di hari Pentakosta sebelum mereka dibekali secara cukup. Roh Kudus turun ke atas mereka, sehingga para murid sejak itu telah didewasakan menjadi para penerus estafet pemberitaan Injil, dan bila Tuhan Yesus masih memberitakan Injil terbatas di Yerusalem dan sekitarnya, sekarang adalah tugas para murid meneruskannya ke Yudea, Samaria, bahkan ke seluruh dunia menghilangkan batas geografis dan etnisitas. Dan bukan hanya itu, mereka sekarang telah dilengkapi dengan kuasa untuk berani menghadapi badai kesusahan maupun penganiayaan karena berita Injil yang mereka sampaikan. Sejak itu para Rasul memberitakan Injil se seluruh dunia dengan berani dan penuh kuasa sehingga tidak ada kekuatan manusia yang bisa menahannya.

Saudara-saudari, ketiga peristiwa tersebut tetap kita kenang dibulan Juni setiap tahun sejak Hari Pentakosta, momentum yang biasa dianggap sebagai kelahiran gereja Kristen, dan peristiwa itu menantang kita sebagai para murid yang harus meneruskan estafet Amanat Agung pada generasi ini. Saudara-saudari, sudahkah kita memiliki motivasi iman yang kuat tentang Yesus yang telah menebus umat manusia dengan mati di kayu salib, dan bangkit pada hari ketiga serta terangkat ke sorga 40 hari kemudian? Apakah kita sudah terdorong oleh perintah agung yang telah diamanatkan oleh Tuhan Yesus dan ditaati oleh begitu banyak murid-Nya sejak abad pertama sampai hari ini? Dan, sudahkah kita memperoleh Roh Kudus yang sudah dikaruniakan kepada kita sehingga kita dapat menjalankan perintah untuk mengabarkan Injil dengan kuasa? 


 

BULAN MEI baru kita masuki, dan pada bulan inilah Tuhan Yesus yang telah menjadi Kristus (Messias) yang telah bangkit masih menunjukkan diri-Nya kepada para murid selama 40 hari sesudah kebangkitan-Nya dari antara orang mati (dirayakan pada 24 April 2011 sebagai Paskah) dan naik ke surga (dirayakan pada 2 Juni 2011). 10 hari kemudian pada hari ke-50 setelah Paskah Janji akan kedatangan Roh Kudus (Yoh.14:15-31;16:4b-15; Kis.1:7) digenapkan dengan turunnya Roh Kudus melanjutkan misi Anak Allah di bumi.

Hari Minggu hari Kelahiran Gereja

Pada bulan setelah hari Kebangkitan Paskah Yesus masih hadir dibumi dan beberapa kali menampakkan diri secara tubuh kepada para murid-Nya. Hari Paskah yang menunjukkan kemenangan-Nya atas maut dan hari turunnya Roh Kudus yang dikenal sebagai ‘Pentakosta’ yang dikenang sebagai hari kelahiran gereja Kristen, terjadi pada ‘hari pertama dalam minggu’ dan selanjutnya manusia dimerdekakan dari ritual Sabat Taurat dan memasuki ’masa Anugerah Perjanjian Baru.

Selama 40 hari itu dua kali tercatat bahwa Tuhan Yesus hadir dalam persekutuan murid yang berkumpul di hari pertama dalam minggu sebagai kenangan mingguan hari kebangkitan-Nya yang menghadirkan “damai sejahtera dan sukacita” (Yoh.20:19-23). Seminggu kemudian pada hari minggu berikutnya ketika para murid kembali berkumpul, para murid mengatakan kepada Thomas bahwa: “kami melihat Tuhan” dan ketika Thomas sendiri melihatnya ia mengaku “Ya Tuhanku dan Allahku” (Yoh.20:24-29), pengakuan jemaat awal yang menegaskan bahwa ‘Yesus adalah Tuhan’ yang identik dengan pengakuan kepada Yahweh sendiri (Mzm.35:23-24).

Dari kenyataan Paskah yang jatuh di hari minggu dan Yesus yang dua kali tercatat hadir dalam persekutuan di hari pertama dalam minggu dari para murid dan tidak sekalipun pada hari Sabat atau menghadiri ritual Sabat di Bait Allah, maka pertemuan pada hari pertama dalam minggu (hari Minggu) lalu menjadi hari persekutuan para murid dimana mereka berangsur-angsur meninggalkan ibadat Sabat Taurat Yahudi. Setelah ‘Tuhan Yesus bangkit pada hari minggu’ para murid pada ‘hari pertama dalam minggu’ berkumpul mengenang hari kebangkitan Yesus dengan makan roti dan berdoa (Kis.20:7; 1Kor.16:2) sebagai kenangan hari kemenangan. Demikian juga Roh Kudus dicurahkan kepada umat manusia pada ‘hari Minggu’ yaitu pada hari ‘Pentakosta’ (hari ke-50 setelah Sabat Paskah). Rasul Yohanes melihat penglihatan pada ‘hari Tuhan’ (Why.1:10) dan ‘hari Tuhan’ juga menunjuk ke hari kedatangan-Nya yang keduakali untuk menghakimi manusia (Kis.2:20; 2 Ptr.3:10). Dari sinilah timbul istilah ‘Hari Tuhan’ (kuriake Hemera) untuk menyebut hari pertama dalam minggu dimana Yesus menyatakan diri sepenuhnya sebagai ‘Tuhan’. Istilah ‘hari Tuhan’ dalam PB tidak ditujukan kepada Yahweh melainkan kepada Tuhan Yesus. Selanjutnya dalam sejarah gereja kita melihat para bapa gereja melanjutkan pertemuan mingguan umat kristen di hari minggu dan tidak lagi mengikuti ritual Sabat Yahudi.

Perlu disadari bahwa hari Minggu bukanlah hari Sabat dalam pengertian ritual tradisi Yahudi, dan sekalipun para murid semula masih menghadiri perayaan hari Sabat di Bait Allah / Sinagoga, mereka melihat Sabat sebagai menunjuk Yesus yang menjadi Sabat bagi manusia (Mat.6:28. Kelegaaan/katapausis (yunani) = sabat (ibrani)) Persekutuan di hari pertama dalam minggu kemudian menjadi hari persekutuan rutin bagi para murid Yesus sebagai hari kenangan mingguan hari kebangkitan Yesus. Karena perkembangan kekristenan yang cukup pesat dan dianggap menjadi duri dalam agama Yahudi, kemudian keluar peraturan pimpinan agama Yahudi ‘Birkat Ha-Minim (doa melawan penyesat), yang melarang semua pengikut Kristus mengikuti ritual sabat yahudi di Bait Allah / Sinagoge, peraturan ini menyebabkan umat Kristen keturunan Yahudi kemudian hanya berkumpul hanya pada hari pertama setiap minggu.

Buku-Buku Kritik Historis

Telah diterima persembahan 3 buku dari Sahabat Awam berjudul: (1) The End of the Historical-Critical Method; (2) Historical Criticism of the Bible; dan (3) Biblical Criticim on Trial. Ketiganya ditulis teolog dari Jerman dimana Kritik Historis lahir. (1) ditulis oleh Gerhard Maier, sedangkan (2) + (3) ditulis oleh Eta Linnemann.

Eta Linnemann (lahir 1926) belajar teologi di Universitas Marburg, Tubingen, dan Gottingen, dan adalah murid Rudolf Bultmann, Ernst Fuchs, Fiedrich Gogarten, dan Gerhard Ebeling, para ahli Kritik Historis Jerman. Sebagai penerus tokoh-tokoh itu, ia juga mengajarkannya sebagai profesor teologi dan pendidikan agama di Braunsweiogh Technical University dan kemudian mendapat kehormatan menjadi profesor perjanjian baru pada fakultas teologi Universitas Marburg sebagai pendamping Bultmann dan ikut mengajarkan kritik historis.

Setelah banyak belajar dan menggumuli masalah Kritik Historis ia mulai menyadari bahwa: (1) Tidak ada kebenaran yang dapat timbul dari karya ilmiah tentang teks Alkitab; dan (2) Karya demikian tidak melayani proklamasi Injil. Kritik Historis bukannya dilandaskan pada Firman Tuhan tetapi berlandaskan filsafat yang menentukan kebenarannya sendiri dan menyingkirkan Firman Tuhan sebagai sumber kebenaran.

Pada tahun 1977 Eta Linnemann menyadari kehendak Tuhan dalam dirinya dan memutuskan untuk meninggalkan Kritik Historis yang dipercayai dan diajarkannya semula dan kemudian menulis banyak buku yang mengkritik Kritik Historis/Alkitab sambil menganjurkan para pembaca untuk menghancurkan buku-buku yang ia tulis sebelumnya yang isinya mengajarkan Kritik Historis. Pada tahun 1983 ia bergabung dengan misi Injil dan sempat mengajar di Institut Injil Indonesia di Batu. Pada umur tuanya ia kembali ke Jerman dan meninggal pada tahun 2009 pada umur 83 tahun.

            Fragmen-Fragmen isi buku-buku diatas akan secara berkala dimuat dalam milis ‘Mimbar-maya@yabina.org’ dan ‘SaksibagiKristus’ agar menjadi berkat yang diteruskan kepada pembaca.

Akhirnya . . .

Saudara/i, marilah kita mendoakan agar pelayanan YABINA ministry tetap menjadi berkat yang diteruskan pada banyak gereja, pendeta, aktivis, dan jemaat kristen, dan kita patut mengucap syukur kepada Tuhan Yesus yang telah menggerakkan para Sahabat Awam yang dengan setia mendukung YABINA ministry dengan persembahan partisipasi mereka, baik berupa buku, dana, maupun lainnya.

 

 

APRIL dikenang dengan peristiwa sekitar Paskahnya, yaitu Perjamuan Malam (Jumat Agung), Penyaliban, Kematian, dan Kebangkitan Yesus dari kematian (Minggu Paskah), yang terakhir ini kita rayakan sebagai hari kemenangan Tuhan Yesus Kristus atas maut dan sekaligus menunjukkan ke’Allah’an Yesus yang telah secara tuntas menebus dosa umat manusia.

IA TELAH BANGKIT !

Tema Paskah adalah ‘Ia Telah Bangkit’ karena itu, bulan April 2011 akan diisi dengan artikel yang berkaitan dengan peristiwa Kebangkitan Yesus, suatu batu sandungan bagi yang tidak percaya namun menjadi suatu pendorong kebangkitan umat Kristen yang bersaksi ke seluruh dunia, sebab seperti dikatakan rasul Paulus dengan yakin:

“… andaikan Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu. … dan kamu masih hidup dalam dosamu.” (1Korintus 15:14,17)

Peristiwa Kebangkitan Yesus bukan hanya dilihat oleh sedikit rasul/murid Yesus tetapi oleh lebih dari 500 orang bahkan ada saksi mata yang masih hidup ketika ditulis oleh Paulus dalam suratnya (1 Korintus 15:1-11) sehingga bisa membantah kalau peristiwanya tidak seperti yang ditulis. Bukan hanya itu sejarawan Yahudi ‘Josephus’ (yang bukan kristen) maupun Romawi ‘Tacitus’ (yang anti kristen) juga menyebutnya dalam tulisan sejarah mereka.

The New Interpreters’ Dictionary of the Bible

Pada Maret 2011 Tuhan telah menyediakan 5 jilid buku ‘The New Interpreter’s Dictionary of the Bible’ (2007) untuk melengkapi YABINA. Ide semula berupa CD-Rom, namun karena halangan tehnis dimana CD-Rom hanya dapat digunakan sekali dan untuk satu komputer saja maka CD-Rom  menjadi tidak menguntungkan, apalagi CD-Romnya belum kompatibel sepenuhnya dengan Windows7 yang digunakan YABINA.

Penyediaan itu melibatkan beberapa Sahabat Awam (SA) yang digerakkan Tuhan, seorang SA tergerak mempersembahkan dana untuk membelinya, SA lainnya membantu memesannya di www.Amazon.com, SA lainnya di USA menyediakan alamatnya untuk menerima buku itu karena bea kirim ke Indonesia melalui Amazon tinggi, dan SA lainnya yang pulang ke Indonesia membawakan buku yang berat itu (10 Kg) dan mengirimkannya ke alamat YABINA. Semuanya melayani bersama demi kemuliaan Tuhan! YABINA mengucapkan syukur kepada Tuhan yang telah menggerakkan para SA dalam melengkapi kebutuhan YABINA ministry, dan berterima kasih kepada para SA atas partisipasi mereka dalam pengadaan buku yang penting itu.

Sekertariat atau Sekretariat ?

YABINA menerima beberapa saran agar mengganti istilah Sekertariat yang selama ini digunakan dengan istilah Sekretariat karena yang terakhir inilah yang tertulis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Saran yang konstruktip, namun perlu diketahui pembaca mengapa YABINA selama ini menggunakan istilah Sekertariat.

Menurut Kamus Indonesia Inggeris (John M. Echols & Hassan Shadilly, kamus yang paling banyak dipakai di Indonesia dan telah puluhan kali dicetak ulang dan diedarkan oleh Gramedia), istilah Sekertariat merujuk pada Sekretariat sedangkan Sekretariat adalah terjemahan bahasa Inggeris Secretariat, dan dalam Kamus Inggeris Indonesia oleh penyusun yang sama, Secretariat diberi keterangan sebagai: ‘kata benda Sekertariat, atau kepaniteraan.’ 

Jadi harap maklum kalau selama ini Yabina menggunakan sumber informasi tersebut, namun karena Kamus Besar Bahasa Indonesia digunakan sebagai acuan resmi, maka YABINA selanjutnya menggunakan istilah Sekretariat pula dengan alamat e-mail sekretariat@yabina.org. Sekalipun demikian karena sudah tercantum dalam banyak artikel Yabina yang lama dan banyak yang masih mengirimkan surat ke alamat itu maka istilah yang lama tidak dihapus.

Terima kasih disampaikan kepada mereka yang telah memberi masukan dan ini menunjukkan bahwa karya tulis YABINA telah dibaca dan diterima oleh banyak orang sehingga mereka memperhatikan karya YABINA dengan seksama.

BARU TERBIT : CD–10/2011 – Pelayanan & Misi Perkotaan,

Sejak PD-II, kota-kota diserbu penduduk dan terjadilah kepadatan yang berlebihan di kota-kota. Kota-kota berkembang dari kota desa (agropolis) menuju kota kecil (polis), lalu kota besar (metropolis), kota raya (megapolis), sampai menjadi kota kekerasan (tiranopolis) dan kota kesengsaraan (miseropolis), ini menjadikan sebagian kota mati (necropolis). Kerusuhan perkotaan adalah bagian dari proses meledaknya kota-kota tersebut yang khusus dirasakan oleh umat kristen di dalamnya. Bagaimana umat Kristen berperan melayani dan menjalankan misi Kristus di dalamnya?


CD berisi dua file pdf.: (1) Buku setebal 226 halaman A5; dan (2) Presentasi powerpoint berisi 280 slides.
Mereka yang membutuhkan dapat mengirimkan permintaan via email ke sekretariat@yabina.org
 

CD eBook YABINA 2009 – 2011

Sejak 2009 diterbitkan CD eBook Yabina setiap tiga bulan sekali. CD eBook berisi artikel dan/atau buku yang umumnya dihiasi dengan ilustrasi gambar/foto berwarna dan dilengkapi presentasi powerpoint, CD tidak hanya berguna untuk menggali pengetahuan alkitab & teologi bagi jemaat, pendeta/penginjil, dan aktivis kristen secara pribadi saja, tetapi juga bermanfaat untuk dipresentasikan kelayar lebar melalui LCD-projector sebagai bahan pembinaan jemaat. Nomor yang baru terbit adalah:

Akhirnya . . .

Saudara/i, marilah kita mendoakan agar pelayanan YABINA ministry tetap menjadi berkat bagi banyak gereja, pendeta, aktivis, dan jemaat kristen dalam pelayanan mereka, dan kita patut mengucap syukur kepada Tuhan Yesus yang telah menggerakkan para Sahabat Awam yang dengan setia mendukung YABINA ministry dengan persembahan partisipasi mereka.

 

CD e-Book YABINA

YABINA ministry sejak tahun 2009 telah menerbitkan 9 nomor CD e-Book dan dari banyaknya surat apresiasi yang masuk diketahui bahwa CD e-Book YABINA telah menjadi berkat bagi puluhan ribu orang, ini dimungkinkan karena dalam CD umumnya ada persentasi powerpoint dimana bisa dipersentasikan di depan banyak anggota jemaat. Surat apresiasi yang terakhir diterima pada bulan Februari 2011 dikirimkan oleh pimpinan Yayasan Christopherus-Semarang berbunyi:

Kiriman 4 CD telah saya terima dengan baik (tadinya saya kira dalam bahasa Indonesia, tapi tidak mengapa, menterjemahkan juga tidak mudah dan bisa salah), khususnya yang Pustaka Klasik, luar biasa, panjang lebar dan detail termasuk Septuagenta yang saya memang belum punya. Ini murah sekali untuk karya yang besar. Kami saluuuut dengan usaha bapak lewat YABINA, sejak di Jawa Timur, Bandung dan sekarang di Jakarta, bahkan nasional dan international. Karya2 yang monumental ini abadi dan memang perlu diwariskan oleh generasi senior seperti bapak sehingga tidak hilang dan terus bisa digulirkan, dengan demikian pengetahuan, doktrin  dan iman bapak tidak akan hilang. Betapa perlunya para senior yang lain mendokumentasikan karyanya juga lewat buku2 dan multi media.

YABINA ministry mengucap sykur kepada Tuhan bahwa salah satu pelayanannya yaitu CD e-Book (lihat www.yabina.org dibawah CD e-Book) telah menjadi berkat bagi banyak orang di seluruh dunia. Memang CD e-Book banyak peminatnya dan sudah ratusan orang memesannya, itu berarti sudah menyebar ke ratusan jemaat dan kalau masing-masing keping CD e-Book dipersentasikan sekali saja didepan jemaat, maka sudah mendatangkan berkat bagi puluhan ribu anggota jemaat.

CD e-Book YABINA tidak dijual atau dikomersiilkan dan hanya diproduksi terbatas untuk membantu gereja, pendeta dan aktivis kristen yang siap meneruskan untuk membina jemaat. Karena itu, YABINA tidak menghitung secara untung rugi, dan disamping karya YABINA sendiri juga dikutip artikel-artikel lain yang sudah menjadi milik publik, hanya disini YABINA membantu menyusunnya sehingga mudah dibuka, dibaca, dan dipersentasikan. Isi CD memang tidak bisa dinilai harganya karena diperlukan pendidikan, pengalaman, banyak membeli dan membaca buku, dan kesungguhan hati selama puluhan tahun para penyusunnya untuk menyiapkannya, namun disajikan tanpa pamrih untuk membantu gereja, pendeta, dan aktivitis kristen dimana-mana dalam pelayanan mereka.

Semula, selama 2 tahun 2009-10 (nomor 01 s/d 08) CD e-Book YABINA tidak diberi patokan jumlah partisipasi dukungan partisipasi, dan waktu itu pesanan sebenarnya cukup banyak,  namun karena ada yang meminta agar diberi patokan biaya produksi agar mereka bisa mengetahui perkiraannya maka mulai CD eBook nomor 10/2011 tahun 2011, diberi besaran jumlah dukungan partisipasi demi kelangsungan pelayanan CD e-Book YABINA. Faktanya sekalipun diberi patokan demikian, yang mendukung lebih ternyata tetap banyak jumlahnya. Sebenarnya jumlah yang dicantumkan masih wajar mengingat bahwa seseorang pengguna CD e-Book perlu bermodalkan komputer dan berlangganan internet yang membutuhkan biaya besar, dan pencantuman besaran dukungan bertujuan mendidik umat kristen agar bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam pelayanan.

CD e-Book 10/2011

YABINA ministry bulan ini menyiapkan CD e-Book yang kedua tahun 2011 dengan judul ‘Pelayanan Perkotaan’ dan akan diedarkan pada kwartal kedua tahun 2011, yaitu bulan April 2011. CD ini bertema ‘Pelayanan Perkotaan’ dan berisi buku dan persentasi powerpoint berjudul ‘Pelayanan Perkotaan.’ Isinya a.l. sejarah berkembangan kota-kota dari Kota Desa (agropolis) ke – Kota (Polis) – Kota Besar (Metropolis) – Kota Raya (Megapolis), sampai kota yang penuh kekerasan (Tiranopolis) – yang menyebabkan banyak penduduknya menderita (Miseropolis) – sampai kota mati (Necropolis). Bagaimana perilaku penduduk dalam lingkungan kota demikian yang sering mengalami kerusuhan kota-kota bahkan pembakaran gedung gereja dan timbulnya kehausan akan hal-hal rohani, dan bagaimana kita melayani mereka agar memberikan arti hidup pada penduduk kota besar? John Sung yang doktor kimia yang belajar teologi dan penginjil legendaris itu pernah dikritik karena hanya mau melayani di kota-kota besar saja dan bukannya di desa-desa. Ia menjawab: “Karena kota besar banyak dosanya!

Akhirnya . . .

Saudara/i, marilah kita mendoakan agar CD e-Book YABINA terus menjadi berkat bagi banyak gereja, pendeta, dan aktivis kristen dalam pembinaan jemaat, dan kita patut mengucap syukur kepada para Sahabat Awam yang dengan setia mendukung YABINA ministry dengan persembahan partisipasi mereka.



info feb 2011

GONG XI FA CAI

Gong Xi Fa Cai atau Sin Cun Kiong Hie” adalah ucapan saling bersalaman masyarakat Cina/Tionghoa pada Tahun Baru Imlek/Sincia sesuai kalender lunar (bulan) yang jatuh pada tanggal 3 Februari 2011 kalender solar (matahari) . 

YABINA ministry sebagai pembuka pelayanan Februari telah mengedarkan artikel berjudul ‘Imlek, Bolehkah Kita Merayakannya?’ Artikel ini cukup menarik banyak pembaca, ada yang minta izin agar dapat dimuat di majalah gerejawinya, banyak yang mengucap syukur atas adanya artikel yang ringkas namun cukup padat dan lengkap itu, dan ada yang menanyakan beberapa detail tambahan. Semua ini menunjukkan bahwa artikel YABINA ministry diperhitungkan dan menjadi berkat bagi banyak orang. Tidak salah kalau YABINA ministry juga mengucapkan ucapan selamat diatas kepada mereka yang merayakannya dengan panggilan agar ditengah kita menjalanklan tradisi (yang tidak mungkin hilang dalam kehidupan manusia) itu kita tetap mengingat dan melakukakan kehendak Allah dan tidak mengabaikan perintah Allah seperti peringatan firman Yesus Kristus:

“Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.” (Markus 7:8).
 

PELAYANAN MIMBAR

Memasuki bulan Februari, setelah diselingi libur Natal yang masih dirayakan di bulan Januari oleh sebagian jemaat, keluarga YABINA ministry mulai aktif kembali melayani pelayanan mimbar, baik dalam bentuk kotbah maupun ceramah dengan misi memperkenalkan Tuhan Yesus Kristus dan agar kita setia dan bertekun dalam mempelajari Alkitab.

Tanggal 5 Februari 2011 ketua YABINA ministry mulai merintis kembali pelayanan keluar kota (setelah 6 bulan pelayanan keluar kota dibatalkan/ditolak karena kondisi kesehatan yang belum kondusif) namun masih diuji-coba untuk yang jarak dekat yaitu undangan memimpin Kursus Teologi Jemaat di GKI Pasteur – Bandung (17.00 – 21.00). Beberapa undangan kotbah maupun ceramah lainnya juga akan dilayani di kota Jakarta. Kiranya saudara/i ikut mendoakan kesiapan pelayanan ini agar ‘Tuhan tetap berkenan memungkinkannya dan memberi kekuatan tubuh yang cukup’ agar undangan khususnya keluar kota dapat mulai dilayani lagi dengan damai sejahtera dan kekuatan dari Tuhan sendiri:

“Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku” (1Tim.1:12)

Keluarga YABINA ministry lainnya juga merupakan tangan-tangan pelayanan YABINA ministry. Bendahara YABINA ministry dalam kesibukannya dimasa pensiun sebagai dokter-gigi masih aktif mengajar dan bekerja di Poliklinik UK Maranatha dan setelah kunjungannya ke Mesir, Israel & Palestina, sekarang mendalami geografi Tanah Suci dan melayani undangan dengan persentasi audio-visual di kalangan gereja dan dosen/mahasiswa. Penulis/Sekertaris YABINA ministry yang masih aktif sebagai arsitek melayani sebagai Majelis Jemaat GRII-Kemayoran, pada tanggal 23 Januari 2011 baru menyelesaikan masa tugasnya selama 2 tahun (2008 – 2010) dan sekarang menjadi Pengurus di GRII-Bintaro dan BSD. Demikian juga anggota/supporting team YABINA ministry lainnya juga melayani di gereja masing-masing. Terpujilah Tuhan karena pelayanan YABINA ministry telah dimungkinkan Tuhan menyebar kemana-mana secara global dalam berbagai bentuk.

Ketua YABINA ministry (Herlianto) yang menulis artikel-artikel berjemaat di GKI, Penulis/Sekertaris (Ir. Daniel L.N.) berjemaat di GRII, dan Bendahara YABINA ministry (drg. Elyakim) berjemaat di GMI, dan anggota/supporting staff lainnya berjemaat di berbagai denominasi kristen. Keanggotaan Pengurus bersifat interdenominasi, karena itu YABINA ministry tidak bergabung kepada sinode apapun tetapi melayani semua sinode gereja kristen dalam kasih persaudaraan kristiani.
 

 

 

 

 

 

ERA DIGITAL 2011

Selamat Tahun Baru 2011. Yabina Ministry menyampaikan ucpan ini kepada seluruh member milis dengan harapan kiranya di tahun yang baru ini kita tetap bersama mendukung pelayanan YABINA ministry.” 

YABINA ministry ditahun 2011 memasuki ‘Era Digital’ setelah tahun 2010 menjadi tahun transisi dari penekanan pada pelayanan mimbar (kotbah & ceramah) ke pelayanan meja (maksudnya meja komputer). Tahun 2010 karena kesehatan yang menurun mulai terjadi pergeseran dari pelayanan kotbah & ceramah khususnya ke luar kota ke pelayanan melalui internet yang ternyata dapat menjangkau kalangan yang lebih luas dan bersifat global tanpa beranjak dari lokasi komputer. Dalam kwartal terakhir tahun 2010 setidaknya 6 undangan pelayanan mimbar dari luar kota terpaksa dibatalkan/ditolak (Ultah Sinoda di Timika-Papua, Ceramah di dua Universitas di Salatiga dan Yogyakarta, dan Tiga kotbah & ceramah di gereja di Surabaya, Bandarlampung, dan Palembang). Tanda-tanda ini menunjukkan Tuhan berkenan akan pergeseran penekanan pelayanan ini, itulah sebabnya tahun 2011 tepat untuk dijadikan tahun ‘pelayanan digital/elektronik.’

PELAYANAN MIMBAR

Namun, sekalipun ada penekanan ke arah pelayanan Digital, itu tidak berarti bahwa pelayanan mimbar ditinggalkan, ini terbukti bahwa Tuhan masih membuka pelayanan mimbar (kotbah/ceramah) termasuk yang diluar kota! Dibuka dengan bulan tenang Januari 2011, sejak tahun 2010 pun sudah ada undangan pelayanan mimbar dari dalam maupun luar kota. Diawali pada bulan Februari 2011 kegiatan pelayanan mimbar akan dilayani lagi, dua di Jakarta dan sebuah di Bandung. Kiranya saudara/i ikut mendoakan kesiapan pelayanan ini agar ‘Tuhan tetap berkenan memungkinkannya dan memberi kekuatan tubuh yang cukup’ agar semua undangan dapat dilayani dengan damai sejahtera dan kekuatan dari Tuhan sendiri:

“Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku” (1Tim.1:12)

Anggota inti YABINA ministry juga merupakan tangan-tangan dari pelayanan YABINA ministry. Bendahara YABINA ministry dalam kesibukannya dimasa pensiun sebagai dokter-gigi masih aktif mengajar dan bekerja di Poliklinik UK Maranatha dan setelah kunjungannya ke Mesir, Israel & Palestina, mendalami geografi Tnah Suci dan melayani undangan dengan audio-visual di gereja dan kalangan dosen/mahasiswa, dan YABINA ministry telah melengkapinya dengan 1 jilid ‘The Pictorial Dictionary of the Bible’ dan 5 jilid ‘The Pictorial Ensyclopedia of the Bible.’ Penulis YABINA ministry yang masih aktif sebagai arsitek baru diangkat sebagai Majelis Jemaat GRII-Kemayoran, dan anggota/supporting team YABINA ministry lainnya juga melayani di gereja masing-masing. Terpujilah Tuhan karena pelayanan YABINA ministry telah dimungkinkan Tuhan menyebar kemana-mana secara global dalam berbagai bentuk.

CD eBook YABINA 2009–2010

Ditahun 2010, YABINA ministry berhasil memproduksi 4 CD eBook sebagai kelanjutkan Seri Buku Saku Yabina yang sejak tahun 2009 telah terbit sebanyak 8 CD dan telah menjadi berkat bagi ratusan Gereja, Pendeta, dan Aktivis Kristen. CD eBook berisi beberapa artikel dan/atau buku dihiasi dengan ilustrasi gambar/foto berwarna, dan dilengkapi dengan persentasi powerpoint, sehingga CD ini tidak hanya berguna untuk menggali pengetahuan alkitab & teologi bagi para jemaat, pendeta/penginjil, dan aktivis kristen secara pribadi, tetapi juga bermanfaat untuk dipersentasikan kelayar lebar melalui LCD-projector sebagai bahan pembinaan jemaat, ini berarti bahwa pelayanan YABINA ministry melalui CD eBook juga telah dapat dirasakan oleh kelompok-kelompok studi jemaat/mahasiswa. InFO CD eBook dikirimkan secara terpisah. Doakanlah agar pelayanan melalui CD berlanjut di tahun 2011 dengan tema-tema baru yang alkitabiah, apologetis, aktual, dan populer.

Imanuel dan Haleluya!

 

 

 

info desember

Saudara/i ykk,

Tersebutlah di suatu Malam yang Kudus di Bethlehem :

“. . .  Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud -- supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki.” (Lukas 2:4–7).

"Selamat Hari Natal 2010 dan Tahun Baru 2011 !"

MEMASUKI PELAYANAN DIGITAL TAHUN 2011

YABINA ministry menjadikan tahun 2010 sebagai tahun transisi dari pelayanan mimbar (kotbah & ceramah) ke pelayanan meja (maksudnya meja komputer). Tahun 2010 karena kesehatan yang menurun mulai terjadi pergeseran dari pelayanan kotbah & ceramah di tempat-tampat jauh ke memfokuskan pada pelayanan melalui internet yang ternyata menghasilkan buah-buah yang lebih cepat dan lebat. Dalam tiga bulan terakhir 4 pelayanan dari luar kota dibatalkan/ditolak (Timika-Papua, UKSW-Salatiga, Gereja-Surabaya, dan Gereja-Bandarlampung). Itulah sebabnya tahun 2011 akan dijadikan tahun ‘pelayanan elektronik.’

DARI GUTENBERG KE GOOGLE

Baru-baru ini pembina YABINA ministry menerima undangan reuni alumni 2010 Princeton Theological Seminary. Yang menarik, temanya ‘From Gutenberg to Google’ dengan sub-tema ‘Timeless Truth in a Digital Age.’ Tema ini menekankan bahwa didunia fana ini telah terjadi perubahan pesat teknologi informasi sejak Gutenberg menciptakan mesin cetak di abad XV sampai sekarang dimana peran internet yang digalakkan Google menjadi prima-dona abad XXI. Dibalik perubahan itu Kebenaran Firman Tuhan tetap kekal tak lekang waktu.

Dulu pembina kaget ketika berkotbah di mimbar melihat beberapa jemaat muda main-main dengan hanpon mereka. Dalam hati terpikir “gimana sih anak muda zaman sekarang masakan diwaktu kotbah kok ber-SMS-ria!” Ketika anak datang kerumah dan mendengar ini ia berkomentar: “Pih, itu bukan handphone biasa, itu blackberry yang lagi populer, didalamnya bisa dimuat program Alkitab-LAI.” Wah gaptek nih terpikir dalam hati, soalnya selama ini yang dikenal cuma ‘blueberry-jam’ yang biasa diolesin ke roti makan pagi karena khasiatnya mengurangi penurunan daya ingat manula. Nah! Sekarang anak datang ke rumah dengan isteri dan kedua anaknya dan ia cerita waktu ke gereja karena tergesa-gesa lupa membawa Alkitab, untung anaknya membawa “iPAD” (wah apa lagi nih!) yang biasa untuk main game dan baca komik di mobil, dan sekarang si’cucu’ membuka iPAD-nya dan membuka ayat Alkitab yang menjadi tema kotbah, maklum ayahnya kerja di Microsoft dan sekarang di HP. Ternyata mencari ayat-elektronik lebih mudah dan cepat daripada membuka Alkitab-cetak, apalagi kalau Alkitab-cetak itu jarang dibuka dimana banyak halamannya masih lengket!|
 

PROGRAM DIGITAL YABINA 2011

Memasuki era digital, berpacu dengan kemajuan IT, YABINA ministry merintis pelayanan elektronik dengan menyusun e-Book yang direkam dalam CD. Produksi CD yang selama ini terbatas telah mendapat sambutan menggembirakan. Sejalan dengan itu memasuki tahun 2011, YABINA ministry merencanakan program perubahan dari Pustaka-Buku menjadi Pustaka-Digital. Karena rak buku sudah tidak lagi bisa menampung semua buku yang ada apalagi yang baru, maka pelan-tapi-pasti buku-buku sebagian akan dihibahkan ke sekolah teologi dan sebagian lagi akan dijual yang dananya akan digunakan membeli program teologi digital lainnya. Hari ini diterima persembahan dari seorang Sahabat Awam berupa dana untuk pembelian soft-copy ‘The New Interpreter’s Dictionary of the Bible’ (2009) dalam bentuk CD-ROM (Dalam bentuk buku-cetak terdiri dari 5 jilid tebal). YABINA sebelumnya sudah memiliki hard-copy ‘The Interpreters’s Dictionary of the Bible’ (5 jilid, 1962) yang merupakan sumber informasi yang lengkap sekali.

Selama beberapa tahun YABINA sudah memanfaatkan media elektronik sedapatnya dalam pelayanannya, program digital Alkitab sudah banyak dimiliki seperti ‘E-Sword v8.0, PC-Study Bible v5, Bible-Works v7, Libronix-Digital Library, Logos Study Bible, Ilumina-Bible,’ disamping ‘Alkitab Elektronik-LAI ’ dan ‘Sabda Online-Bibledalam bahasa Indonesia. Demikian juga kamus digital seperti ‘Britannica 2009, Encarta 2009’ dan sekarang ‘The Interpreters’s Dictionary of the Bible CD-Rom.’  Koleksi teologia digital itu akan terus dilengkapi memasuki tahun 2011.

            Sehubungan dengan meningkatnya program-program digital itu semakin mudah bagi YABINA untuk mencari informasi dengan bimbingan Roh Kudus dan semakin banyak buah dan berkat yang bisa dibagikan melalui pelayanan internet YABINA ministry (situs www.yabina.org dan milis Mimbar-maya@yabina.org / SaksibagiKristus@yabina.org).

            Untuk menunjang program itu YABINA ministry berencana meng’upgrade’ Notebook dengan yang kapasitasnya lebih besar, lebih cepat, dan resolusinya lebih tinggi’ agar lebih mudah membuka program-program digital yang diperoleh yang semakin lama semakin canggih itu.

            Mereka yang selama ini mendapat berkat dari pelayanan YABINA ministry, jika berbeban dapat mendukung ‘Program Digital YABINA 2011’ dengan mengirimkan persembahan partisipasinya ke YABINA, BCA ac.no. 282 300 1631. Tuhan memberkati.
 

Menjelang NATAL...

Hari Natal yang merupakan kenangan kelahiran Yesus Kristus ke bumi sudah semakin dekat. Kini kita memasuki minggu-minggu penantian ‘Advent.’ Dimulai dengan artikel dalam milis Mimbar-maya@yabina.org tentang ‘Jesus Seminar’ yang menggugat kehidupan Yesus, minggu ini YABINA menghadirkan seri artikel berjudul ‘Maria Magdalena Isteri Yesus? (1-4)’ yang menjawab gugatan dan akan disusul artikel lainnya ‘Sekitar Peringatan Natal’ tentang beberapa kecurigaan akan tradisi perayaan Natal. Semoga artikel-artikel YABINA ministry tetap menjadi berkat bagi saudara-saudari.

Haleluya!

            betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik” (Roma 10:15b)

Saudara-saudara, doakanlah kami” (1 Tesalonika 5:25)
 

Salam kasih dari YABINA ministry www.yabina.org.


info agustus
 

Setelah beberapa waktu mengalami kelelahan tubuh yang agak menghambat pelayanan, berangsur-angsur Tuhan Yesus memulihkan kesehatan tubuh ketua YABINA ministry sehingga mulai dapat melayani lagi dengan sejahtera Tuhan. ‘No Greater Love than The Saviour’s healing!

Pelayanan-pelayanan mimbar dalam tiga bulan mendatang sudah dibukakan Tuhan, bukan hanya itu, pelayanan keluar kota juga sudah mulai bisa dilayani. Pada tanggal 13 s/d 15 bulan Agustus ini, ketua YABINA ministry akan melayani Renungan Minggu dan Ceramah pada Retreat Nasional V Marturia Hospital Ministry bertempat di Lembang (disebelah Utara kota Bandung), sebuah tempat sejuk dan segar. MHM adalah pelayanan yang ditujukan untuk membantu para pasien Indonesia yang berobat terutama ke Singapore, dan dengan bersyukur mereka yang sudah dilayani hadir dalam retreat secara berkala. Pada awal bulan ini juga diterima undangan untuk memimpin seminar rohani pada bulan Oktober mendatang dalam rangka HUT GKI di Tanah Papua yang ke-54 bertempat di PT Freeport, Tembagapura, Timika, Papua. Marilah kita doakan agar kehendak Tuhanlah yang jadi dalam menyambut undangan pelayanan di tempat yang jauh ini.

 

BUKU ‘SAKSI-SAKSI YEHUWA Mengetuk Pintu Rumah Anda!’
 



Buku ke-37
yang ditulis ketua YABINA ministry berjudul Saksi-Saksi Yehuwa Mengetuk Pintu Rumah Anda! (140 halaman) sudah selesai disusun dan naskahnya sudah diserahkan ke penerbit PT BPK-Gunung Mulia untuk dipertimbangkan kemungkinan penerbitannya. Marilah kita doakan bersama agar buku ini dapat diterbitkan dan menjadi berkat bagi umat kristen di Indonesia yang belakangan ini banyak dikunjungi oleh tamu-tamu yang mengetuk rumah mereka. Saksi-Saksi Yehuwa adalah aliran sekte Unitarian (hanya percaya satu Tuhan dan menolak Yesus sebagai Tuhan, roh kudus hanya dianggap tenaga aktif, dan menganggap semua susunan kristen sesat).

 

 

KEMERDEKAAN R.I. YANG KE-65 TAHUN



Pada
tanggal 17 Agustus 2010, Indonesia kembali akan merayakan HUT Kemerdekaan R.I. yang ke-65. Marilah bersama-sama kita berdoa kepada TUHAN agar kemerdekaan ini makin diisi dengan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya, baik kesejahteraan makan dan pakaian, lingkungan hidup, kesejahteraan sosial, keamanan negara, maupun kesejahteraan & kerukunan beragama. Dan, marilah kita berbuat sesuatu untuk negara kita dan ‘berusaha ikut mensejahterakan negara dimana kita tinggal karena kesejahteraannya adalah kesejahteraan kita juga.’ (Yeremia 29:7)



Salam kasih dari YABINA ministry

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

info september

HUT YABINA MINISTRY

“Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.” (Matius 13:23)

Pada 25 Sptember 2010, di Bandung telah diperingati Ulang Tahun YABINA Ministry (www.yabina.org) yang ke–28 (lahir 1 Oktober 1982 dengan nama Yayasan Bina Awam) oleh Pengurus YABINA ministry. Kami mengucap syukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah mempimpin YABINA ministry selama 28 tahun dengan berkatnya sehingga YABINA Ministry dapat menjadi berkat bagi orang lain dalam bentuk buah-buah pelayanan yang semakin berumur semakin setia dan semakin lebat buahnya.
 

Sebagai evaluasi, buah pelayanan yang telah dihasilkan dalam waktu 28 tahun adalah sebagai berikut:
 

  • Pelayanan Tertulis

YABINA ministry Dalam 28 tahun melayani Kursus Alkitab dan Teologia Tertulis dan Tatap-Muka (3000 peserta), menerbitkan 82 + 2 nomor Makalah Sahabat Awam @ 2500 copy (brosur 28-32 hlm.), 12 Seri Buku Saku Yabina (buku saku 75 hlm.), 7 CD e-Book (tahun 2009/10 diterbitkan 4 CD e-Book baru), menulis 37 buku (BPK-GM, Kalam Hidup, Andi, Mitra Pustaka, Alumni, dan YABINA), ratusan artikel dimuat di Surat Kabar, Majalah Kristen, Brosur Gereja, dan ditulis puluhan Makalah Seminar.


  • Pelayanan Internet

Pelayanan Internet dimulai tahun 1999 dengan dibukanya situs YABINA ministry www.yabina.org, dan beberapa milis (Mimbar-maya@yabina.org, Teologi-maya@yabina.org, dan SaksibagiKristus@yabina.org) yang secara akumulatif diikuti 2000 peserta, dan mengirimkan artikel ke 25 milis kristen, ini berarti setiap artikel yang dikirim dibaca sekitar 10.000 pembaca.  Situs www.yabina.org dalam 11 tahun telah dibuka dari pintu counter sebanyak 105.443 kali (yang langsung merujuk ke artikel tertentu 5 kali jumlah itu). Teologi-maya yang merupakan pelayanan Kursus Alkitab secara on-line melalui dunia maya diikuti 300 peserta. 40 bahan Teologi-maya sudah direkam sebagai PT-maya CD e-Book dan ratusan telah tersebar ke seluruh Indonesia. Pada tahun 2009/10 dibuka English Corner dan sudah tersedia 6 artikel dalam bahasa Inggeris. Banyak orang telah ikut menyebarkan buah-buah pelayanan YABINA baik melalui situs-situs mereka maupun dimuat dalam warta gereja mereka.
 

  • Kepengurusan & Pendanaan

YABINA ministry dilayani 6 pengurus inti dengan 3 computer supporter yang melayani dengan syukur dengan talenta, waktu dan uang mereka yang telah mereka terima dari Tuhan Yesus. YABINA ministry tidak memiliki gedung kantor maupun mobil dan selamanya tidak bermaksud memilikinya, tetapi YABINA ministry dengan fasilitas yang dipersembahkan oleh segenap unsur Pengurus dengan dukungan Sahabat Awam tetap setia menjalankan misi “Membawakan Kabar Baik Injil kepada Semua Orang” dan berusaha menghasilkan buah selebat mungkin. Pendanaan YABINA ministry didasarkan motto ‘Dari Awam untuk Awam,’ tidak ada staf yang digaji, dan tidak ada bantuan badan di dalam/luar negeri, namun ribuan pelayanan mimbar (kotbah + ceramah) telah dapat dilayani di Indonesia dan Mancanegara disamping pelayanan terulis dan internet.
 

  • Persembahan Tahunan

YABINA ministry mengucapkan terima kasih kepada para ‘Sahabat Awam’ yang telah digerakkan oleh Roh Kudus untuk mengirimkan persembahan partisipasi selama ini. Mereka yang mendapat berkat dari pelayanan YABINA ministry dan tergerak untuk mendukung pelayanan YABINA ministry memasuki tahun pelayanan yang ke-29, dapat mengirimkan persembahan partisipasinya ke:

YABINA, BCA ac.no. 282 300 1631.

Catatan: Mereka yang berada di mancanegara dan ingin mendukung pelayanan YABINA ministry bisa melihat informasinya dalam kolom ‘Profil’ dalam situs www.yabina.org.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

info oktober



“Sola Scriptura.”
Itulah salah satu tema yang dihasilkan oleh Reformasi yang dikenang setiap tanggal 31 Oktober sebelum memasuki bulan Nopember mengenang reformasi yang dirintis oleh Martin Luther pada tanggal 31 Oktober 1517.
 

Ditengah kebiasaan gereja massa itu yang terlalu menekankan tradisi disamping Alkitab, Luther menekankan trio mottonya yang terkenal: “Sola Gratia, Sola Fidei, Sola Scriptura.” Tema ‘Sola Scriptura’ akan diketengahkan dalam artikel SaksibagiKristus@yabina.org pada minggu mendatang dengan judul: “Sekte dan Alkitab,” yang isinya membahas bagaimana sekte-sekte pada abad XIX disamping sikap dasar mereka yang eksklusif dan elitis yang ‘menganggap diri sendiri benar dan lainnya salah’, mulai ada kecenderungan untuk bergeser dari Alkitab, atau Alkitab plus/minus, baik menambah-nambahi otoritas Alkitab dengan nubuatan atau wahyu lain, atau mengurangi peran Alkitab dengan hanya menekankan PL atau menolak otoritas Surat Paulus.
 

ALKITAB EDISI STUDI

Pada hari Sabtu, 6 November 2010,  penulis diminta untuk menjadi pembicara membedah buku ‘Alkitab Edisi Studi’ yang baru diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia. Acara ini diadakan dalam rangka ‘Christian Books & Gifts Fair 2010’ yang diadakan di Mega Kemayoran, Jakarta. Alkitab Edisi Studi (2010, 2100 halaman) adalah teks Alkitab LAI yang dilengkapi dengan banyak ilustrasi, catatan pinggir, catatan kaki, dan diisi pula dengan hal-hal berkenaan dengan pengantar tiap perjanjian & buku, kamus alkitab, geografi alkitab, peta alkitab, dan beberapa fitur tambahan lainnya yang memungkin seseorang mengerti jauh lebih banyak dibandingkan kalau hanya mempelajari Alkitab saja. Buku ini sangat bembantu bagi mereka yang ingin secara serius mempelajari Alkitab.
 

DUA BULAN MENJELANG PERINGATAN NATAL

Memasuki bulan Nopember, kita tinggal menunggu sekitar 8 minggu untuk memasuki saat dimana hari Natal akan dirayakan.oleh umat Kristen. Natal berpusat pada pribadi Yesus, Kristus yang menjelma menjadi manusia untuk menebus umat manusia. Isu yang belakangan ini secara kontroversial dikemukakan banyak peragu adalah isu ‘Benarkah Maria Magdalena Isteri Yesus?Mulai minggu kedua Nopember, setiap minggu, sebelum hari Natal, seri artikel berkenaan dengan ‘isu ini’ akan diedarkan melalui milis Mimbar-maya@yabina.org. Nantikanlah!

Haleluya!

 


YABINA ministry bersama para Sahabat Awam melayani kaum Awam dimana-mana
berdasarkan ayat firman
dan mengucap syukur atas pemeliharaan Tuhan selama ini:

 “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik” (Roma 10:15b)
.

Saudara/i, doakanlah pelayanan kami (1 Tesalonika 5:25).